Wednesday, 8 May 2024
HomePolitikTarget Akhir KPU Menyusun dan Penataan Dapil

Target Akhir KPU Menyusun dan Penataan Dapil

Bogordaily.net – Komisi Pemilihan Umum () RI mempercepat penyusunan dan penataan terkait daerah pemilihan () untuk pemilihan legislatif () DPR RI dan DPRD tahun 2024. Ini dilakukan guna mengejar target waktu pelaksanaan tahapan yang akan berjalan mulai bulan depan.

“Pembahasan rapat di internal, berupaya secara maksimal selesaikan pada akhir Januari 2023,” ujar Anggota RI yang mengepalai Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Idham Holik, dikutip dari RMOL, Sabtu 7 Januari 2023.

Beleid terkait 2024, disebutkan mantan Anggota Provinsi Jawa Barat ini, bakal tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU), dimana rencananya bakal rampung sebelum pelaksanaan tahapan pencalonan Anggota DPR RI dan DPRD.

“Ini merupakan amanah dari Mahkamah Konstitusi yang harus kami segera selesaikan,” katanya.

“Kita ketahui dalam 24 April 2023, awal di mana masa pencalonan anggota legislatif akan dimulai, sehingga penataan anggota DPR dan DPRD Provinsi ini dipastikan harus selesai, sebelum masa pendaftaran bakal calon oleh parpol,” demikian Idham menambahkan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat pusat dan daerah menggelar rapat koordinasi untuk penyusunan dan penataan daerah pemilihan () Pemilu Serentak 2024.

“Hari ini, KPU RI mengundang KPU Provinsi/KIP Aceh se-Indonesia untuk datang ke rapat koordinasi penataan daerah pemilihan () untuk Pemilu 2024 Anggota DPRD Provinsi,” ujar Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI), Idham Kholik saat dikonfirmasi wartawan, Kamis, 5 Januari 2023.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kujungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here