Thursday, 16 May 2024
HomeNasionalTempat Keluarnya Dajjal Menurut Hadist Nabi

Tempat Keluarnya Dajjal Menurut Hadist Nabi

Bogordaily.net – Tempat keluarnya kerap menjadi pertanyaan dan diskusi di tengah-tengah publik. Apalagi, banyak fenomena aneh yang terjadi di awal tahun 2023.

Banyak kalangan yang kemudian mengatikannya dengan tanda kiamat dan tanda kemunculan yang sudah disebutkan dalam ajaran Islam.

Lantas di mana akan keluar?

Kemunculan disampaikan akan muncul menjelang hari kiamat. Kemunculannya akan menjadi cobaan yang maha berat bagi umat di seluruh dunia.

Tanda-tanda dan Tempat Keluarnya

disebutkan adalah pembohong ulung yang menawarkan berbagai tipu muslihat yang menawarkan kenikmatan dan akan membawa manusia kepada kesesatan.

Mengutip buku Kiamat: Tanda-tandanya Menurut Islam, Kristen, dan Yahudi oleh Manshur Abdul Hakim, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwasanya malapetaka selalu datang dari arah timur:

مِنْ هَا هُنَا جَاءَتِ الْفِتَنُ نَحْوَ الْمَشْرِقِ وَالْجَفَاء وَغِلَظُ الْقُلُوبِ فِي الْفَدَّادِينَ أَهْلِ الْوَبَرِ عِنْدَ أُصُولِ أَذْنَابِ الْإِبِلِ وَالْبَقَرِ فِي رَبِيعَةَ وَمُضَرَ

Artinya: “Dari sini datang fitnah ke arah timur. Kekurangajaran dan kekasaran serta kekerasan hati merupakan sifat-sifat para penggembala unta dan lembu di kalangan suku Rabii'ah dan Mudhar.” (HR Bukhari)

أتى الْمَسِيحُ مِنْ قِبَلِ الْمَشْرِقِ هِمَّتُهُ الْمَدِينَةُ حَتَّى يَنْزِلَ دُبُرَ أُحُدٍ ثُمَّ تَصْرِفُ الْمَلَائِكَةُ وَجْهَهُ قِبَلَ الشَّامِ وَهُنَالِكَ يَهْلِكُ

Artinya: “Al-Masiih () akan datang dari arah timur dan tujuannya adalah Madinah, hingga dia sampai di baik Gunung Uhud. Lalu para malaikat menghalaunya ke Syam dan dia di sana binasa.” (HR Muslim)

Adapun dalam sejumlah sabdanya yang lain, Rasulullah SAW lebih merincikan wilayah mana yang menjadi tempat keluar kelak.

Berikut hadits dan atsar seperti yang dilansir dari buku Kiamat: Tanda-tandanya Menurut Islam, Kristen, dan Yahudi.

Wilayah Khurasan

يَخْرُجُ مِنْ أَرْضِ بِالْمَشْرِقِ يُقَالُ لَهَا خُرَاسَانُ يَتْبَعُهُ أَقْوَامٌ كَأَنَّ وُجُوهَهُمْ الْمَجَانُ الْمُطْرَقَةُ

Artinya: “ akan keluar dari daerah timur yang bernama Khuraasaan. Dia akan diikuti oleh orang-orang yang berwajah seperti perisai.” (HR Tirmidzi, Ahmad, dan Hakim)

Dari Kalangan Yahudi Asfahaan di Iran

إِن يَخْرُجِ الدَّجَّالُ وَأَنَا حَيٌّ كَفَيْتُكُمُوهُ وَإِنْ يَخْرُجِ الدَّجَّالُ بَعْدِي فَإِنَّ رَبَّكُمْ عَزَّ وَجَلَّ لَيْسَ بِأَعْوَرَ وَإِنَّهُ يَخْرُجُ فِي يَهُودِيَّةِ أَصْبَهَانَ حَتَّى يَأْتِيَ الْمَدِينَةَ فَيَنْزِلَ نَاحِيَتَهَا وَلَهَا يَوْمَئِذٍ سَبْعَةُ أَبْوَابٍ عَلَى كُلِّ نَقْبٍ مِنْهَا مَلَكَانِ فَيَخْرُجَ إِلَيْهِ شِرَارُ أَهْلِهَا حَتَّى يَأْتِيَ الشَّامَ بِبَابِ لُدٍّ فَيَنْزِلَ عِيسَى عَلَيْهِ السَّلام فَيَقْتَلَهُ ثُمَّ يَمْكُثَ عِيسَى عَلَيْهِ السَّلَام فِي الْأَرْضِ أَرْبَعِينَ سَنَةً إِمَامًا عَدْلاً وَحَكَمًا مُقْسِطًا

Artinya: “Kalau dia muncul sementara aku masih hidup di tengah kalian, aku yang menghadapinya. Tapi kalau dia muncul setelah aku meninggal, ketahuilah bahwa Tuhan kalian bukanlah mata sebelah kirinya. Madinah, lalu dia berhenti di luarnya. Saat itu Madinah punya tujuh pintu.Pada setiap jalan ada dua malaikat yang menjaga.Kemudian para penduduknya yang jahat akan keluar, bergabung dengannya (), hingga dia tiba di Syam, di daerah bernama Baab Ludd.Kemudian Isa bin Maryam turun dan membunuh Dajjal.Isa akan hidup di bumi selama empat puluh tahun, menjadi seorang pemimpin dan imam yang adil.” (HR Ahmad)

Tanda-tanda kemunculan Dajjal

Dia muncul dari sebuah bukit antara Levant dan Irak, jadi dia berbelok ke kanan dan ke kiri, wahai hamba Allah, Perawan

Artinya: “‘Dia akan keluar dari sebuah jalan antara Syam dan Irak. Kemudian dia melakukan perusakan ke tempat-tempat di sekitarnya. Wahai hamba-hamba Allah, teguhlah pada keyakinan agama kalian.” (HR Muslim, Abu Dawud, dalam Hakim dari an-Nawwaas bin Sam'aan)

Tempat Kemunculan Dajjal

Abu Bakar Ash-Shiddiq pernah berujar, “Dajjal akan muncul dari Kota Marw, dari kalangan Yahudi kota itu.” Abdullah bin Amru bin Ash lalu bertanya kepada seorang laki-laki yang tinggal di Irak, “Di negeri kalian ada sebuah wilayah yang bernama Kuutsi, yang memiliki danau asin dan pohon kurma?”

Oranye itu menjawab, “Ya, ada.” Abdullah melanjutkan, “Dari sanalah Dajjal akan muncul.” (HR Thabrani)

Demikian ulasan dan informasi mengenai tempat keluarnya Dajjal menurut hadits Rasulullah SAW yang dilansir dari berbagai sumber.
Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here