Monday, 29 April 2024
HomeNasionalTitik Jaringan Wifi di DKI Dikurangi Jadi 1.263

Titik Jaringan Wifi di DKI Dikurangi Jadi 1.263

Bogordaily.net – Pemerintah Provinsi Jakarta akan mengurangi titik (wifi) di wilayah Ibu Kota dari 3.500 titik menjadi 1.263 titik. Kebijakan tersebut diambil untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat usai pandemi Covid-19 berdasarkan survei oleh Dinas Komunikasi dan Informatika .

“Karena pengurangan anggaran, jadi kuantitas berkurang,” terang Plt Kepala Dinas Kominfotik Raides Aryanto kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 3 Januari 2023.

Menurutnya, pihaknya sebelumnya mengajukan anggaran sebesar Rp 174 miliar, tetapi disetujui sebesar Rp 56 miliar.

Menurut hasil survei pada Desember 2021, sekitar 56 persen gratis, Jakwifi, digunakan untuk kepentingan pembelajaran jarak jauh karena saat itu dalam rangka pengendalian pandemi Covid-19.

Berdasarkan hasil survei pada Desember 2021, sekitar 56 persen jaringan internet gratis, Jakwifi, digunakan untuk kepentingan pembelajaran jarak jauh karena saat itu dalam rangka pengendalian pandemi Covid-19. Begitu juga survei pada Maret 2022, Jakwifi masih digunakan untuk pembelajaran jarak jauh karena masih pandemi Covid-19.

Namun survei terakhir pada 2022, Aryanto menerangkan, Jakwifi untuk kepentingan pembelajaran jarak jauh sudah menurun menjadi 27,5 persen. Selebihnya, Jakwifi digunakan untuk kepentingan hiburan dan informasi.

“Kemudian di masa peralihan pandemi ke endemi tahun kemarin (2022), pada November terjadi penurunan 27,5 persen. Sehingga selebihnya 50,7 persen itu digunakan masyarakat untuk hiburan, cari informasi,” ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Meski secara kuantitas titik berkurang, lanjut dia, akses gratis di Rukun Warga (RW) di Jakarta masih tetap ada dan tidak dihilangkan atau dihapus.

“Tidak ada yang mati di masyarakat, (hanya) berkurang jumlah titiknya. Nanti pertengahan tahun ini, kami akan evaluasi lagi, lihat lagi tingkat penggunaan masyarakat. Kalau tinggi, kami akan sampaikan di APBD perubahan,” ucapnya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here