Thursday, 23 May 2024
HomeBeritaWafat di Usia 95 Tahun, Paus Benediktus Dimakamkan di Gua Vatikan

Wafat di Usia 95 Tahun, Paus Benediktus Dimakamkan di Gua Vatikan

Bogordaily.net– XVI meninggal dunia pada usia 95 tahun, Sabtu, 31 Desember 2022 kemarin. Rencananya XVI dimakamkan di Gua Vatikan yang berada di bawah gereja Santo Petrus setelah melalui prosesi upacara pemakaman pada Kamis, 5 Januari 2023 mendatang.

Melansir CNN Indonesia via Reuters, lokasi tersebut merupakan tempat peristirahatan terakhir lebih dari 90 paus lainnya. Pemakaman akan diadakan sederhana di lapangan Santo Petrus yang berada di depan Basilika.

Hal tersebut diungkapkan Juru bicara Vatikan Matteo Bruni yang menyebut pemakaman akan berlangsung sederhana, khidmat, dan tenang serta mengikuti keinginan semasa hidup.

Di sisi lain, para Diplomat mengatakan perwakilan dari negara atau organisasi lain dapat hadir dalam kapasitas pribadi.

Jenazah akan disemayamkan sementara pada biara kecil di Vatikan. Tak ada kunjungan resmi untuk melihat jenazah atau doa umum yang akan diadakan hingga Senin, 2 Januari 2023 dini hari.

Jenazah kemudian akan dipindahkan ke Basilika Santo Petrus. Masyarakat dapat melihat jenazah dari pukul 09.00 hingga 19.00 waktu setempat pada 2-4 Januari 2023.

Pemakaman diadakan Kamis, 5 Januari 2023 mendatang dan akan dipimpin oleh Paus Fransiskus. Setelah upacara, jenazah akan dibawa kembali ke dalam Basilika Santo Petrus.

“Dengan rasa duka mendalam kami mengabarkan bawa Paus Emeritus, Benediktus XVI meninggal dunia hari ini pukul 9:34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan,” demikian dikutip dari Vatican News.

XVI meninggal dunia di usia 95 pada Sabtu, 31 Desember 2022 setelah kesehatannya dikabarkan terus memburuk. Ia meninggal di kediamannya di Biara Mater Ecclesiae Vatikan pukul 09.34 waktu setempat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here