Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaWaspada! Ini Bahaya Chiki Ngebul alias Cikbul bagi Kesehatan

Waspada! Ini Bahaya Chiki Ngebul alias Cikbul bagi Kesehatan

Bogordaily.net–  Jajanan ice smoke alias (cikbul) sedang tren menjadi tren. Makanan ini juga viral di media sosial dan digandrungi anak-anak. Namun, sebaiknya waspada sebab ada sejumlah ancaman bagi yang kemungkinan ditimbulkan jika mengkonsumsi cikbul. Badan Pengawas Obat dan Makanan () mengungkap bahaya cikbul bagi .

Kerusakan lambung

Saat mengonsumsi cairan yang merupakan nitrogen cair pada ciki ngebul, lambung bisa mengalami kerusakan. Sebab, cairan ini memiliki titik beku yang sangat tinggi.

“Kalau [nitrogen cair] dikonsumsi, tertelan, bisa rusak lambung kita,” kata  Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Rita Endang seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Laporan yang selama ini muncul, korban mengalami luka bakar hingga gejala keracunan. Namun menurut dia,  sebab ciki ngebul juga bisa melukai lambung.

Luka bakar

Walaupun disajikan dalam kondisi dingin, cikibul bisa menyebabkan efek terbakar pada kulit. Paparan nitrogen cair bisa membuat kulit terasa terbakar hingga melepuh.

Asma berat

Tak hanya itu paparan asap dari cikbul bisa memperparah kondisi seseorang dengan riwayat asma.

“Makanya konsumsi ciki ngebul ini harus benar-benar melalui pengawasan. Para orang tua harus mengawasi anak-anak mereka,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan Dinas Jawa Barat (Dinkes Jabar) mengungkap 28 anak di Kabupaten Tasikmalaya hingga Kota Bekasi keracunan setelah mengonsumsi .

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Jabar, Ryan Bayusantika Rustandi mengatakan, kasus tersebut diketahui terjadi di dua tempat yakni Kabupaten Tasikmalaya pada Selasa, 15 Desember 2022 dan Kota Bekasi pada Rabu 21 Desember 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here