Friday, 29 March 2024
HomeTravelling15 Wisata Bogor Terdekat dari Stasiun Bogor, Cukup Ditempuh dengan Jalan Kaki

15 Wisata Bogor Terdekat dari Stasiun Bogor, Cukup Ditempuh dengan Jalan Kaki

Bogordaily.net – dari Stasiun Bogor ini wajib kamu kunjungi jika sedang travelling ke kawasan Bogor. Di sekitar stasiun ini juga banyak tempat wisata.

Tempat wisata itu juga bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki, tanpa perlu menggunakan kendaraan. Turun dari Stasiun Bogor kamu bisa menyusuri trotoar jalan agar sampai ke lokasi wisata tersebut.

Jumlah jangan ditanya ada belasan. Dengan beragama pilihan. Jadi, kamu bisa dengan mudah berwisata tanpa harus turun naik kendaraan atau bermacet-macetan dahulu.

Baca Juga: Wisata Bogor Murah untuk Keluarga, Anak-anak Pasti Happy

Jadi, Bagi kamu yang tinggal di Jakarta atau daerah lainnya, jangan khawatir jika ingin travelling ke Bogor. Ada banyak tempat wisata dekat Stasiun Bogor yang bisa kamu datangi.

Daftar dari Stasiun Bogor

Jika kamu penasaran dengan destinasi wisata tersebut berikut ini daftar tempat wisata yang bisa kamu datangi dengan berjalan kaki dari Stasiun Bogor.

1. Kebun Raya Bogor

Untuk ke Kebun Raya Bogor, kamu cukup menaiki kereta commuter line, dan turun di stasiun Bogor, lalu kamu bisa berjalan kaki atau menaiki angkot menuju pintu masuk Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor beroperasi mulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB, untuk bisa menikmati kesejukan dan kesegaran diseluruh area Kebun Raya, kalian hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp15 ribu.

2. Museum Zoologi

Museum Zoologi berada tidak jauh dari Kebun Raya Bogor, kamu bisa kesana hanya dengan berjalan kaki. Museum ini masih berada dalam satu wilayah dengan Kebun Raya Bogor, kamu bisa berlibur sambil belajar dunia hewan di sini.

Jika ingin ke sana, kamu bisa datang dari pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya kisaran Rp 15 ribu untuk wisatawan lokal, serta Rp 25 ribu untuk wisatawan asing.

3. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

dari Stasiun Bogor lainnya adalah ini. Cukup berjalan kaki sekitar 8 menit dari stasiun, kamu sudah sampai di destinasi wisata museum ini. Apalagi tiket masuknya juga murah untuk mendapatkan banyak ilmu di sana.

Jadwal buka Museum ini mulai hari Senin – Jumat dengan jam operasional dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sedangkan, untuk Sabtu dan Minggu buka pukul 07.00-16.00 WIB. Untuk harga tiket masuk Rp 25 ribu per orang.

4. De Voyage Bogor

Selanjutnya adalah tempat wisata yang instagramable, sangat cocok untuk ber swafoto. Karena ada banyak sekali miniatur bangunan-bangunan populer dari berbagai negara Eropa dan juga banyak taman yang indah.

Destinasi wisata ini berjarak sekitar 7,6 km saja dari Stasiun Bogor. Jika naik kendaraan, hanya memerlukan waktu sekitar 20 – 30 menit perjalanan.

dari Stasiun Bogor ini buka setiap hari, mulai pukul 09.00-18.00 WIB. Tiket masuknya Rp 30 ribu untuk weekday dan Rp 40 ribu untuk weekend.

5. Taman Sempur

Tempat wisata lainnya yang berlokasi dekat dengan Stasiun Kereta Commuter Line Bogor adalah Taman Sempur. Taman Sempur juga merupakan salah satu pilihan wisata dekat stasiun Bogor. Jaraknya hanya sekitar 1,7 km dari stasiun Bogor.

Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa menikmati pemandangan, sekaligus menjajal kuliner lezat dan nikmat di sekitar area taman.

6. Taman Kencana

Lokasi Taman Kencana yang sangat dekat dengan Stasiun Bogor. Taman Kencana berlokasi di RT 03 RW 03, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Kamu bisa berjalan kaki menuju taman ini.

Taman ini sudah berdiri sangat lama, pembangunannya sudah mulai direncanakan pada tahun 1917 bersamaan dengan pengembangan kota Bogor.

Taman ini sangat cantik yang dikelilingi dengan pohon-pohon besar. Kamu tak usah khawatir karena untuk masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya, dan memiliki akses 24 jam

6. Museum PETA Bogor

Mengetahui sejarah mengenai Indonesia merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, berkunjung ke Museum PETA (Pembela Tanah Air) adalah pilihan yang tepat untuk mengisi waktu libur kamu.

Museum PETA berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 35 RT 01 RW 05, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jaraknya hanya sekitar 1,8 km dari Stasiun Bogor dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 22 menit atau 5 menit jika menggunakan kendaraan.

Harga tiket untuk bisa masuk ke dalam Museum sebesar Rp15 ribu. Jadwal buka Museum ini, Senin – Jumat pada pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, dan untuk hari Sabtu – Minggu buka pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.

7. The Jungle Water Adventure

Tempat ini juga menjadi rekomendasi liburan yang menyenangkan, di mana ada beberapa permainan air yang disajikan di The Jungle Water juga cukup menarik.

The Jungle Water menyediakan kolam yang bisa dipakai untuk berenang dengan konsep seperti di tengah-tengah hutan, sehingga kamu dan keluarga bisa menikmati suasana alam yang memesona. Selain itu kamu juga akan menyaksikan pertunjukkan burung, menonton film 4D, hingga bersantai di saung Cabana.

Untuk waktu operasional, yaitu setiap hari, mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Dan harga tiket masuknya Rp 45 ribu/orang.

8. Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh anak – anak, karena banyak wahana edukasi dan rekreasi yang bisa dinikmati.

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti dapat membawa pengunjung untuk meneladani perjuangan yang sudah dicapai oleh Presiden Republik Indonesia, dan menariknya lagi wisata ini hanya berjarak 2 menit dari Stasiun Bogor.

9. Taman Meksiko

Wisata dekat stasiun bogor selanjutnya yang cocok dikunjungi saat liburan adalah Taman Meksiko, dimana pengunjung membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit, dan berjalan kaki dengan waktu 23 menit.

Lokasi Taman Meksiko masih berada di kawasan yang sama dengan Kebun Raya Bogor. Saat berada disini, pengunjung akan melihat berbagai jenis koleksi kaktus, dan 100 spesies yang dapat bisa dijumpai, seperti agave, yucca, dan tanaman sukulen lainnya. Sebagian besar koleksi tanaman di sini didatangkan dari Amerika Tengah dan Selatan.

Taman Meksiko buka setiap hari dengan jam operasional 08.00-17.00 WIB, dan tiket masuknya kisaran Rp 9.500 per orang.

10. Taman Peranginan

Taman Peranginan juga letaknya tidak jauh dari Stasiun Bogor dengan jarak 1,6 Km. Taman ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman nomor 31, RT 01, RW 04, Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Taman satu ini tidak luas dan hanya ada beberapa bangku dari beton yang ditemani beberapa pohon besar dan rindang.

Meski demikian, Taman Peranginan ini tak pernah sepi pengunjung. Di taman kecil ini wisatawan bisa menyaksikan keindahan panorama Kota Bogor dari ketinggian. Wisatawan yang ingin berkunjung dan menikmati taman ini tidak dikenakan biaya untuk masuk.

11. Kebun Wisata Ilmiah

Kebun Wisata Ilmiah merupakan salah satu lokasi taman edukasi yang berada di Bogor. Di kawasan ini terdapat berbagai tanaman-tanaman obat ataupun tanaman aromatik, yang pastinya akan menambah pengetahuan anda tentang jenis-jenis tanaman.

Kebun Wisata Ilmiah ini memiliki lebih dari 3000 koleksi tanaman obat herbal maupun tanaman atsiri yang memang sengaja dibudidayakan secara organik. Terdapat tanaman-tanaman yang mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan juga rempah-rempah.

Jam operasional buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Tiket masuknya kisaran Rp 5000

12. Kampung Labirin Bogor

Sejak 1 Desember 2018, RW 10 Kampung Kebon Jukut, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor diresmikan sebagai Kampung Labirin.

Kampung yang berisi 300 kepala keluarga (KK) itu, berubah dari kampung padat penduduk yang kumuh, menjadi kampung tematik dan kampung binaan Astra yang bisa dijadikan destinasi wisata dengan berbagai fasilitas yang disediakan.

Sesuai dengan namanya, Kampung Labirin memiliki banyak gang yang rata-rata lebarnya sekitar 1,5 hingga 2 meter. Jika enggan bertanya, bukan tidak mungkin warga dari luar kampung bisa tersesat di dalam Kampung Labirin. Bahkan, pedagang keliling pun bisa hanya berputar di gang tertentu jika belum hafal jalan di kampung tersebut.

13. Bogor Mountain Biking

Ingin mengunjungi tempat wisata sambil olahraga bersepeda? Kamu bisa mengunjungi Bogor Mountain Biking. Jaraknya sangat dekat dengan Stasiun Bogor, yaitu hanya 2,2 kilometer.

Dengan keindahan alam yang asri akan memberikan pengalaman yang menyenangkan saat bersepeda, tempatnya di Jl. Tangkuban Perahu No.3, Babakan, Bogor Tengah, jam bukanya daei 08.00 sampai 20.00 WIB.

14. Prasasti Batutulis

Kota Bogor juga mempunyai tempat wisata dari peninggalan bersejarah Kerajaan Pajajaran, yaitu Prasasti Batutulis. Prasasti ini mengisahkan tentang kebesaran Prabu Siliwangi.

Selain itu, terdapat pula artefak-artefak lain yang bisa bikin kamu takjub. Prasasti Batutulis ini cukup lumayan dekat dengan Stasiun Bogor yang hanya berjarak sekitar 6,2 kilometer.

Berikut adalah alamat Prasasti batu tulis yang berlokasi di Jl. Batutulis No.54, Kec. Bogor Selatan. Untuk jam buka mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB, kecuali Minggu, mereka tutup.

15. Kuntum Farmfield

Ingin mengajak anak-anak melihat hewan ternak, tempat ini bisa menjadi rekomendasi.

Kuntum Farmfield menyediakan banyak hewan ternak yang bisa disentuh oleh pengunjung. Beberapa hewan ternak di sana seperti sapi, kambing, domba, kelinci, kuda dan kura-kura.

Baca Juga: Review 5 Tempat Kuliner Bogor yang Tawarkan Sensasi Pedas, Bikin Nagih

Selain menyentuh, pengunjung juga diperbolehkan memberi makan langsung dengan membeli makanannya seharga Rp 5.000 saja.

Agrowisata ini terletak di Sindangrasa, Bogor Timur. Tepatnya di Jalan Raya Tajur nomor 291, Sindangrasa, Bogor Timur, Kota Bogor. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 60.000 per orang.

Demikian ulasan dan informasi mengenai dari Stasiun Bogor yang bisa kamu kunjungi tanpa harus bermacet-macetan terlebih dahulu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here