Monday, 17 June 2024
HomeKuliner4 Jajanan Legendaris yang Wajib Kamu Coba di Kota Bogor

4 Jajanan Legendaris yang Wajib Kamu Coba di Kota Bogor

Bogordaily.net – Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Kota Bogor tanpa menikmati jajanan legendarisnya. Berikut adalah empat rekomendasi jajanan legendaris yang bisa kamu cicipi saat datang ke Kota Hujan.

Pertama yaitu jajanan Lumpur Surga, jajanan lumpur surga salah satunya bisa ditemukan di Toko Dapurrasa Ibu Wie yang terletak di Perumahan Mutiara Bogor Raya, Blok R, No. 22, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Harganya juga sangat terjangkau, untuk satu porsi lumpur surga, dibandrol dengan harga Rp 10.000, sedangkan minumannya yaitu ice tea magic ukuran 200 ml dibandrol dengan harga Rp 15.000.

“Banyak makanan tradisional, yang best seller itu lumpur surga. Jadi awalnya saya jualan online sebelum akhirnya punya toko sendiri,” kata pemilik toko Dapurrasa Ibu Wie, Eka Dewi Darmayanti.

Eka Dewi menceritakan, jajanan lumpur surga yang ia jual secara online melalui Instagram @dapurrasaibuwie dan sampai menembus pasar Jabodetabek. Terakhir, ia menerima pesanan dari pembeli asal Ibu Kota Jakarta. Hal itu tak lepas dari citra rasanya yang khas dan menggugah selera.

Kedua, jajanan legendaris yang bisa kamu cicipi saat datang ke Kota Bogor yaitu kue Sarang Laba-Laba. Untuk menmukan jajanan yang satu ini, tidak terlalu sulit.

Penjual kue Sarang Laba-Laba di Kota Bogor, salah satunya ada di daerah Jalan Pandu Raya, Tegal Gundil hingga Jembatan Ceger, Bogor Utara.

Kue Sarang Laba-Laba Bisa Kamu Beli di Jalan Pandu Raya. (Irfan/Bogordaily.net)

Kue sarang laba-laba, merupakan jajanan tradisional dan legendaris yang masih eksis di Kota Bogor. Selain harganya sangat terjangkau, ternyata kue yang satu ini banyak disukai oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak, hingga orang tua.

Biasanya penjual kue ini, berjalan menjajakan dagangannya dengan gerobak pikul yang ia bawa. Kue ini dibuat menggunakan cetakan yang menerupai bentuk ikan, bunga dan lainnya.

Bahan yang digunakan untuk membuat kue yaitu, tepung terigu, gula halus, beberapa butir telur ayam, garam, tepung beras, susu cair dan vanili.

“Untuk harga ada yang Rp 3000, sampai Rp 5000. Cetakannya pake yang biasa buat kue cubit, cuman engga ikutin bentuk cetakan, bikinnya diacak kaya jaring,” kata Asep Mulyana (43) salah seorang penjual kue sarang laba-laba, kepada Bogordaily.net.

Proses pembuatannya tidak memakan waktu terlalu lama, berkisar dari 5 sampai 10 menit. Sehingga pembeli selalu ramai, meski harus mengantri terlebih dahulu.

Ketiga yang wajib kamu cicipi yaitu Teh telur, minuman berkhasiat tersebut, bisa kamu nikmati di Rumah Makan Bebek Kalio Khas Minang, di Jalan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Jajanan Bogor
Teh Telur yang Dijual di Rumah Makan Bebek Kalio Khas Minang, di Jalan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. (Istimewa/Bogordaily.net)

Minuman berkhasiat ini, dapat meningkatkan stamina, menambah tenaga, menunda rasa lapar, memenuhi asupan vitamin tubuh serta menjaga kesehatan mata. Teh telur ini bisa kamu beli dan nikmati dengan harga yang tidak membuat dompet kamu jebol, yaitu Rp 12.000 saja.

“Jadi minuman ini, campuran teh dengan telur bebek. Telur bebek dipilih karena lebih banyak khasiatnya, kalau orang Sumatera hampir di setiap angkringan pasti ada teh telur,” kata Owner Rumah Makan Bebek Kalio Khas Minang, yang akrab disapa Eko, kepada Bogordaily.net

Keempat, atau yang terakhir yaitu Es Podeng, &ajanan legendaris yang masih eksis ini tidak terlalu susah untuk mencari dan membelinya. Kamu bisa menemukannya di Alun-Alun Kota Bogor.

“Satu cup kecil Rp 5 ribu, terus yang cup gede mah Rp 10 ribu, biasanya mah ramenya jam 11 siang sampe jam tiga sore, pas panas-panasnya cuaca,” kata pedangang es podeng Herman Maulana kepada Bogordaily.net,

Es Podeng yang ia jual terbuat dari campuran susu kental manis putih, kemudian santan kelapa dari kemasan, gula pasir, garam, tepung maizena, serta es.

Lalu, dicampur dengan berbagai toping seperti roti yang digunting berbentuk kotak, buah alpukat, ketan hitam, agar-agar warna merah kacang tanah, dan cokelat. Es yang ia jual juga terutama sangat diminati oleh kalangan usia anak-anak hingga remaja.

Itulah 4 rekomendasi jajanan legendaris yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Kota Bogor. Selain mudah ditemukan, harganya juga aman dikantong. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here