Saturday, 27 April 2024
HomeBerita4 Negara di Amerika Serikat Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia...

4 Negara di Amerika Serikat Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Bogordaily.net – Sejumlah negara di Amerika Selatan mengajukan diri untuk jadi tuan rumah . Adapun keempat negara yang dimaksud adalah Argentina, Uruguay, Cile, dan Paraguay.

Bahkan niat Uruguay, Argentina, Paraguay, dan Chili untuk mengajukan tawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2030 telah lama dibuat.

Hal itu diketahui setelah wakil dari empat federasi sepak bola negara itu melakukan pertemuan dengan Presiden Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL), Alejandro Dominguez.

Keempat federasi sepak bola negara itu menginginkan 100 tahun perhelatan Piala Dunia nantinya kembali digelar di tanah Amerika Selatan.

Sekadar diketahui, Piala Dunia pertama kali berlangsung pada tahun 1930. Ketika itu Uruguay menjadi tuan rumahnya.

Pada tahun 1930, Uruguay pun sukses meraih trofi pertama Piala Dunia. Sementara perhelatan merupakan 100 tahun kompetisi itu bergulir.

berbeda dari sebelumnya. Ajang itu merupakan peringatan 100 tahun Piala Dunia,” ucap Alejandro Dominguez dikutip dari ANTARA, Rabu, 8 Februari 2023.

Lebih lanjut, Alejandro Dominguez berharap Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) bisa mempercayakan perhelatan di Amerika Selatan. Sebab, ia merasa Amerika Selatan merupakan tempat pertama kali turnamen empat tahunan bergengsi ini dihelat.

“Kami yakin FIFA punya kewajiban untuk memberi penghormatan terselenggaranya Piala Dunia untuk pertama kalinya,” timpalnya.

Dari empat negara itu, hanya Paraguay yang belum pernah menjadi tuan rumah. Selain Uruguay pada Piala Dunia 1930, Argentina dan Chile kemudian menjadi penyelenggara masing-masing pada 1978 dan 1962.

Dominguez menganggap FIFA punya cukup pertimbangan untuk menerima tuan rumah bersama empat negara Amerika Selatan. Pasalnya, Piala Dunia tersebut digelar empat tahun setelah Piala Dunia 2026 yang dihelat di tiga negara di Amerika Utara-Tengah, yakni Kanada, Meksiko, dan .

Dominguez juga meyakaini bahwa keempat negara tersebut sudah memiliki syarat yang lebih dari cukup untuk menggelar turnamen sekelas Piala Dunia.

Di sisi lain, Presiden Federasi Sepak Bola Argentina (AFA), Claudio Tapia menyebut ajang itu tak sekadar Piala Dunia biasa. Baginya merupakan edisi spesial, yang menandai kedekatan masyarakat Amerika Selatan dekat dengan sepakbola.

“Sebagai juara dunia, ini bukan hanya edisi 100 tahun Piala Dunia. Ini merupakan hasrat masyarakat Amerika Selatan yang begitu lekat dengan sepak bola,” ucap Claudi Tapia.

Sebagai tambahan informasi, dari empat negara Amerika Selatan yang disebutkan, hanya Paraguay yang belum pernah jadi tuan rumah Piala Dunia. Uruguay, Argentina, dan Cile sudah pernah menyambut negara dari belahan dunia sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Cile menjadi tuan rumah Piala Dunia 1962. Sedangkan, Argentina merupakan tuan rumah Piala Dunia 1978. Meski begitu Paraguay sudah pernah delapan kali ikut Piala Dunia sepanjang sejarah.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here