Friday, 19 April 2024
HomeOtomotif4 Tips Merawat Vespa Tua agar Selalu Prima

4 Tips Merawat Vespa Tua agar Selalu Prima

Bogordaily.net – 4 Tips merawat tua supaya selalu prima berikut ini bisa Anda terapkan dan lakukan sendiri pada skuter klasik kesayangan Anda. Mesinnya akan selalu dan prima tapi butuh ketelitian super.

Usia memang tidak bisa melawan zaman, tapi bisa dirawat sehingga tetap kece dan prima meski usianya udah puluhan tahun.

Apalagi Vespa, motor nyentrik yang selalu kece sepanjang masa. Merawatnya perlu ketelitian karena motor tersebut mudah mogok dan perawatannya memerlukan tips yang tepat.

Baca Juga: Daftar Harga Vespa Matic Terbaru 2023, Lengkap di Sini

4 Tips Merawat Vespa Tua yang bisa Anda Lakukan Sendiri

Berikut ini beberapa tips merawat Vespa tua yang bisa Anda terapkan agar motor klasik kesayangan Anda tetap prima dan tidak mudah mogok:

1. Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi Vespa tua, seperti bahan bakar dengan oktan tinggi (di atas RON 90), seperti Pertamax atau Pertamax Turbo.

Dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai, pembakaran akan optimal, tidak akan meninggalkan sisa atau kotoran di selang aliran bensin, tarikan motor jadi tetap nyaman, dan performanya selalu prima.

2. Rutin ganti oli karena oli berperan penting sebagai pelumas komponen kendaraan. Oli dengan kualitas rendah dapat meningkatkan keausan komponen di motor dan mengganggu kenyamanan selama berkendara.

Beberapa hal yang menyebabkan harus segera ganti oli yaitu jarak tempuh kendaraan sudah kelipatan 10.000 km, sering terjebak macet, pemakaian oli telah 3 bulan, dan masih banyak lagi.

3. Gunakan berkualitas, karena penggunaan berkualitas dapat meminimalisir endapan bahan aditif yang berasal dari oli dan menjaga kualitas komponen lainnya.

4. Panaskan minimal 5 menit tiap harinya untuk menjaga performa motor tetap terjaga dengan baik dan terlumasi secara menyeluruh. Pemanasan juga dapat menjauhkan dari korosi dan membuat lebih awet dalam jangka panjang.

5. Perhatikan saat berkendara, pastikan Vespa tua tidak mengalami overheat ketika digunakan untuk berkendara. Vespa memiliki sistem pendingin di bagian yang kinerjanya stabil dan terbukti kuat di tanjakan sebab mempunyai sistem transmisi tanpa perantara rantai. Perhatikan juga sistem transmisinya agar kemampuannya selalu optimal.

Baca Juga: Viral Kakek Naik Vespa Jadul, Harganya Fantastis!

Merawat Vespa tua memang memerlukan perawatan yang ekstra, namun dengan melakukan tips-tips di atas, motor tersebut akan selalu prima dan tidak mudah mogok.

Demikian ulasan dan informasi mengenai 4 tips merawat Vespa tua agar selalu prima. Karena tua hanya angka, buktinya komuntas vesva tak pernah sirna.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here