Saturday, 20 April 2024
HomeOtomotif5 Cara Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit, Mudah Dilakukan

5 Cara Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit, Mudah Dilakukan

Bogordaily.net – Cara merawat berbahan kulit yang salah, juga bisa menjadi sumber kerusakan. Supaya Anda tidak salah dalam menangani jok dari kulit, ikuti beberapa cara merawatnya yang benar berikut ini.

berbahan kulit yang lusuh jika tidak dirawat dengan baik, dapat mengurangi tampilan interior mobil.

Setiap bahan jok memiliki sifatnya masing-masing, sehingga cara merawatnya juga berbeda. Secara umum, pemilik mobil menggunakan bahan kulit, semi kulit, nilon, dan vinil untuk melapisi .

Berikut tips merawat berbahan kulit:

1. Bersihkan interior terlebih dahulu

Sebelum mulai pembersihan jok, ada baiknya Anda bersihkan interior secara keseluruhan. Bisa dengan menggunakan pengki dan sikat berbulu lembut untuk menyapu seluruh interior mobil termasuk kotoran yang terselip pada lipatan jok.

Namun berhati-hatilah pada jok kulit jangan sampai menggores kulit secara tidak sengaja. Menyapu kulit akan menghilangkan debu dari lipatan serta menghilangkan kotoran yang menumpuk, yang akan memudahkan pembersihan saat Anda menambahkan cairan pembersih.

2. Gunakan pembersih khusus kulit

Gunakan pembersih khusus jok kulit sesuai rekomendasi sebuah pabrikan. Hal ini tidak boleh sembarangan. Sebab, bahan kimia keras pada suatu produk yang tidak sesuai rekomendasi malah akan berdampak buruk bagi kondisi jok kulit bahkan dapat membuat warna kulit jok Anda memudar.

Setelah itu Anda bisa menggunakan kain mikrofiber bersih lalu campurkan sedikit pembersih kulit dan gosok permukaan dengan lembut dengan gerakan melingkar.

Menggunakan kain mikrofiber akan mengangkat debu, serpihan maupun sisa kotoran atau partikel dan menghilangkan lapisan pertama kotoran dari jok.

3. Gunakan sikat lembut

Untuk kotoran membandel, menimbulkan bekas, dan menempel pada jok kulit, pemilik mobil bisa gunakan sikat yang dipadukan pembersih. Ada baiknya memilih sikat yang lembut seperti sikat gigi dengan bulu halus diujungnya.

Cara menyikatnya juga tidak boleh terlalu keras. Tekanan dan sikatan tidak perlu menggunakan tenaga, karena berpotensi merobek lapisan kulit. Bila sudah bersih, lap kembali jok kulit hingga bersih dan jangan biarkan ada sisa cairan pembersih menempel.

4. Gosok kulit jok dengan perlahan

Jangan jok dengan sikat yang berbulu keras atau kaku. Gunakan spons atau sikat gigi yang halus untuk membersihkan jok kulit dipadukan dengan cairan pembersih khusus jok kulit.

Selanjutnya, pemilik mobil dapat mengoleskan cairan pembersih ke seluruh permukaan jok lalu lap kembali menggunakan kain microfiber bersih untuk menghilangkan sisa pembersih dan kotoran.

5. Hindari parkir di bawah sinar matahari langsung

Selain cat, yang berisiko tinggi akan cepat rusak karena terlalu sering dijemur di panas matahari langsung adalah jok dan dashboard. Gunakan sun visor untuk menutupi kaca depan mobil agar bagian dalam mobil tetap teduh terlindungi.

Perlu Anda ingat bahwa dalam membersihkan , usahakan Anda mengawalinya dengan menggunakan vacuum cleaner. Lakukan perawatan rutin setidaknya sekali dalam satu atau dua bulan. Untuk menjaga kelembapan jok kulit, silakan gunakan kondisioner khusus setiap 3-4 bulan sekali.

Demikaianlah informasi mengenai lima cara membersihkan berbahan kulit. Semoga bermanfaat. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here