Friday, 26 April 2024
HomeHiburan6 Bahaya Terlalu Lama Menggunakan Headset, Memicu Penyakit Jantung

6 Bahaya Terlalu Lama Menggunakan Headset, Memicu Penyakit Jantung

Bogordaily.net – Simak enam teralu lama menggunakan . Ketika kita mendengarkan musik atau menonton film, seringkali kita menggunakan . Saking asyiknya mendengarkan musik dan menonton film, kita tidak sadar telah memakai hingga berjam-jam.

Organisasi Dunia (WHO) memperkirakan satu miliar anak muda di seluruh dunia, kini berisiko kehilangan pendengaran akibat penggunaan headphone selama berjam-jam.

Sebagaimana dilansir dari Times Now News, berikut efek samping penggunaan yang kita gunakan setiap hari dalam jangka waktu yang lama:

1. Gangguan pendengaran

Mendengarkan musik dengan suara tinggi secara terus-menerus menggunakan earphone atau headphone dapat mempengaruhi pendengaran.

Sebab kapasitas pendengaran telinga manusia hanya 90 desibel, jika terus mendengarkan musik dengan suara yang tinggi, maka pendengaran manusia akan berkurang menjadi 40-50 desibel. Hal itu bisa menyebabkan seseorang tidak dapat mendengar suara yang jauh.

2. Risiko penyakit jantung

Menurut pakar mendengarkan musik secara terus-menerus nyatanya bisa memberikan dampak buruk pada jantung. Tidak hanya membuat detak jantung menjadi lebih cepat, tetapi juga menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada jantung.

3. Sakit kepala

Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari headphone dan earphone berdampak buruk pada otak, menyebabkan sakit kepala berdenyut dan migrain. Banyak orang juga menderita gangguan tidur, susah tidur atau insomnia, atau bahkan sleep apnea.

4. Infeksi telinga

Earphone yang dicolokkan langsung ke liang telinga, yang bisa menjadi penghalang saluran udara. Penyumbatan kemudian dapat menjadi penyebab umum dari berbagai jenis infeksi telinga termasuk pertumbuhan bakteri. Para ahli merekomendasikan seseorang untuk menghindari berbagi earphone dengan siapa pun karena bakteri berbahaya dapat berpindah dari satu telinga ke telinga lainnya.

5. Kurang fokus

Earphone berukuran sangat kecil tetapi dapat berdampak besar pada gendang telinga. Suara bergerak dari telinga ke otak dan memengaruhi sistem saraf, menyebabkan seseorang kurang fokus. Kekuatan fokus dan konsentrasi bisa menjadi lemah karena penggunaan earphone yang berlebihan dalam waktu lama.

6. Meningkatnya stres dan kecemasan

Penggunaan headphone dalam waktu lama dapat memengaruhi kehidupan sosial, mental, dan kemampuan seseorang untuk tampil di tingkat optimal.

Itulah tadi enam jika terlalu lama menggunakan . (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here