Saturday, 18 May 2024
HomeHiburan6 Cara Mengatasi Susah BAB, Konsumsi Air Jahe

6 Cara Mengatasi Susah BAB, Konsumsi Air Jahe

Bogordaily.net – Simak, berikut ini enam cara mengatasi susah buang air besar (BAB). Selain diare, juga bisa Anda alami kapan saja. Berbagai macam cara mengatasi perlu segera Anda lakukan supaya kondisi itu tidak semakin parah.

adalah masalah yang tidak boleh dianggap remeh, memang hal ini biasanya tidak berbahaya jika mengalami gangguan yang ringan.

Namun pada beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan BAB berdarah dan kompilkasi penyakit lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan buang air besar secara teratur.

Cara mengatasi

1. Minum air putih

Biasakan minum air putih yang cukup. Selain mencegah dehidrasi, minum air putih juga dapat mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh serta membuat konsistensi feses menjadi lebih lunak dan melancarkan saluran pencernaan.

Anda dapat memperbanyak minum air putih sekitar 2-4 gelas tambahan, terutama minum air putih di pagi hari akan mempermudah buang air besar. Selain itu, untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi minuman elektrolit untuk mempercepat penyerapan cairan dan mengatasi masalah .

Lantas, bagaimana cara mengatasi sembelit yang baik? Sebelum menggunakan obat pencahar, alangkah baiknya jika kita mencoba cara-cara alami terlebih dahulu. Berikut ini beberapa diantaranya.

2. Rajin Olahraga

Mengutip dari Health (health.com), olahraga jadi salah satu kegiatan yang bisa menghindarkan Anda dari sembelit.

Jika Anda belum terbiasa melakukan olahraga, mulailah dengan olahraga ringan yang mudah dilakukan, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau jenis olahraga lain yang Anda sukai.

3. Makan Makanan Bereserat

Serat pada makanan berfungsi untuk menyerap air pada sisa makanan sehingga menjadi lebih lunak. Fungsi inilah yang bisa mengatasi sembelit dan membuat BAB menjadi lebih lancar.

Menurut ahli gastroenterologi di Cleveland Clinic Christine Lee MD, makanan kaya serat dengan kadar air yang tinggi merupakan sumber serat yang hebat untuk membantu melancarkan pencernaan.

Adapun makanan berserat yang disarankan seperti gandum, pisang, jeruk, apel, alpukat, mangga, stroberi, wortel, asparagus, sayuran hijau, nasi merah, dan kacang-kacangan.

4. Minum Air Jahe

Jahe merupakan pengobatan rumahan yang terbukti dapat mengatasi masalah pencernaan termasuk sembelit. Jahe dikenal sebagai ‘ramuan penghangat' yang menyebabkan bagian dalam tubuh menghasilkan lebih banyak panas, sehingga dapat membantu mempercepat kerja pencernaan yang lambat.

Untuk membuatnya cukup mudah, ambil satu ruas jahe berukuran sedang, kupas kulitnya dan cuci hingga bersih. Kemudian geprek dan tuang air panas. Anda bisa juga merebusnya kemudian minum airnya.

5. Konsumsi Probiotik

Health merekomendasikan probiotik supaya sembelit bisa teratasi dengan baik. Yogurt atau kimchi adalah beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik. Dengan mengonsumsi jenis makanan itu, bakteri dalam sistem pencernaan menjadi lebih sehat sehingga sembelit pun bisa hilang.

6. Minum Air Lemon

Asam sitrat dalam sari lemon dapat merangsang sistem pencernaan sekaligus membantu membersihkan racun dari tubuh, sehingga dianggap bisa mengatasi sembelit.

Anda cukup peras sari lemon segar ke dalam segelas air setiap pagi, atau bisa juga dicampur dengan segelas teh.

Rutin minum perasan air lemon tidak hanya bertindak sebagai obat sembelit yang alami tetapi juga meningkatkan pencernaan jangka panjang.

American Cancer Society bahkan merekomendasikan untuk mengonsumsi air lemon dengan segelas air hangat atau panas untuk mencegah sembelit.

Demikianlah tadi enam cara mengatasi susah buang air besar (BAB). Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here