Thursday, 25 April 2024
HomeTravelling6 Daerah Terdingin di Indonesia, Suhunya Mencapai 9 Derajat Celsius

6 Daerah Terdingin di Indonesia, Suhunya Mencapai 9 Derajat Celsius

Bogordaily.net – Iklim di cenderung panas karena memang tidak mengalami musim dingin. Kendati demikian, bukan berarti tidak ada daerah bersuhu dingin di . Berikut ini beberapa daerah terdingin yang ada di .

Beberapa daerah di memiliki suhu udara yang dingin lantaran berada di ketinggian dan tertutup oleh vegetasi.

Secara geografis letak berada di garis khatulistiwa, namun ada beberapa titik memiliki suhu dingin layaknya kawasan Eropa utara.

Garis khatulistiwa membuat beriklim tropis dan hanya memiliki dua musim, yakni musim hujan dan kemarau. Kendati tidak memiliki musim dingin layaknya di Eropa, namun juga memiliki beberapa daerah punya suhu dingin menusuk tulang.

Baca Juga: Kebun Raya Bogor Jadi Bagian World Clean Up Day

Berikut 6 daerah terdingin di

1. Kota Mulia

Kota Mulia yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua dinobatkan sebagai daerah terdingin di . Dikelilingi pegunungan Jaya Wijaya dan Puncak Jaya, kota ini berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl). BMKG mencatat, suhu udara di Kota Mulia bisa mencapai 9 derajat celcius saat malam hari dan bisa juga mencapai titik beku.

2. Waghete

Masih berada di Provinsi Papua, daerah terdingin kedua di berikutnya adalah kota kecil bernama Maghete. Ketika siang hari, suhu di kota ini mencapai 15 derajat celcius. Sementara saat malam hari, suhu Kota Waghete mencapai 10 derajat celcius

3. Mamasa

Beralih ke Sulawesi Barat, terdapat kota Mamasa yang menjadi salah satu daerah yang memiliki suhu terdingin. Berada di ketinggian 1.900 mdpl, Kota Mamasa tak cuma menyuguhkan pemandangan yang indah. Kota ini menyuguhkan hawa sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat celsius.

4. Berastagi

Berastagi adalah daerah yang terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, Sumatera Utara.

Kota ini masuk wilayah administrasi Kabupaten Karo dan berada di ketinggian 1.300 mdpl. Suhu udara rata-rata di sini sering berada di bawah 20 derajat celsius.

5. Ruteng

Ruteng merupakan kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sering disebut sebagai Praha dari Indonesia. Kota yang memiliki desain bangunan yang modern dan pemandangan yang indah ini terletak di ketinggian 1.200 mdpl.

Suhu rata-rata harian di kota ini berkisar sekitar 25 derajat celsius. Namun, suhu terdingin di Ruteng pernah mencapai 10 derajat celsius.

6. Batu

Kota Batu di Jawa Timur termasuk ke dalam daftar daerah terdingin di Indonesia. Kota Batu sebelumnya termasuk dalam wilayah Kabupaten Malang, namun kini telah berdiri menjadi kota administratif sendiri. Kota Batu terletak di ketinggian antara 700 hingga 1.700 mdpl.

Dengan letak ketinggian itu, suhu di kota Batu tergolong dingin namun terasa segar ditambah pemandangan yang mempesona. Suhu di kota Batu bisa mencapai 19 hingga 12 derajat celsius. Selain itu, kota ini juga menjadi salah satu obyek wisata favorit di Jawa Timur.

Itu tadi enam daerah terdingin di Indonesia. Mau coba berlibur ke sana? (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here