Sunday, 5 May 2024
HomeBerita6 Obat Sakit Gigi Alami untuk Meredakan Sakit, Berkumur Air Garam

6 Obat Sakit Gigi Alami untuk Meredakan Sakit, Berkumur Air Garam

Bogordaily.net – Berikut obat sakit gigi yang mudah dibuat. Jika Anda sering mengalami sakit gigi, Anda bisa mencoba obat sakit gigi agar cepat sembuh yang bisa Anda temukan di rumah.

Sakit gigi adalah penyakit yang sangat merepotkan bagi pengidapnya. Banyak penyebab yang memicu penyakit ini, misalnya dikarenakan gigi yang berlubang dan mengkonsumsi makanan yang manis.

Sakit gigi membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Sebab, sakit gigi menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan.

Sensasi berdenyut yang menyebabkan sakit kepala sering kali dirasakan saat sakit gigi. Pada kondisi tertentu, sensasi ini tidak kunjung sembuh walaupun sudah mengonsumsi obat. Hal ini tidak hanya menghambat aktivitas, tetapi juga menghadirkan rasa tidak nyaman di hampir di sekujur tubuh.

Berikut Obat Sakit Gigi untuk Meredakan Sakit

Ada banyak bahan natural yang sejatinya kerap digunakan sebagai obat sakit gigi. Lantas, bagaimana penggunaannya?

1. Berkumur

Cara yang satu ini terbilang klasik, tetapi cukup efektif untuk sebagian kasus sakit gigi. Cara mengatasi sakit gigi dengan cukup simpel. Pertama, larutkan satu sendok teh garam di air mendidih. Kemudian, berkumurlah selama kurang lebih 30 detik sebelum membuang air itu dari mulut. Awas, jangan sampai airnya tertelan.

Berkumur mampu membersihkan daerah sekitar gigi dan menarik keluar cairan yang menyebabkan pembengkakan. Menariknya lagi, juga bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di sekitar gigi.

2. Berkumur dengan Cuka Apel

Cara meredakan sakit gigi berikutnya adalah menggunakan cuka apel. Menurut ilmuan mengkonsumsi apel sangat baik untuk kesehatan gigi. Mungkin itu alasan cuka apel bisa dijadikan alternatif pengobatan mengatasi sakit gigi.

Namun jika tidak memiliki cuka apel kamu dapat menggunakan cuka dapur biasa. Untuk cara penggunaannya sama seperti menggunakan , yaitu kumur pada area yang sakit.

3. Bawang putih

Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi cepat sembuh, Anda bisa menghancurkan beberapa siung bawang putih hingga berbentuk pasta kemudian aplikasikan ke area gigi yang sakit.

Bawang putih diketahui dapat meredakan sakit gigi karena kandungan allicin yang dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji disebut-sebut memiliki kandungan antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengobati sakit gigi. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, yakni dengan mencuci bersih dan mengunyahnya, atau hancurkan daun jambu biji tersebut, kemudian rebus, dan gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur.

5. Minyak Cengkeh

Cengkeh sendiri banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan India sejak berabad-abad lamanya. Cengkeh atau minyak cengkeh memiliki sifat penghilang rasa sakit dan antibakteri alami. Minyak cengkeh ini mengandung eugenol yang bertindak, seperti anestesi alami untuk mematikan saraf.

Hal yang perlu diingat, hati-hatilah ketika menggunakan minyak cengkeh. Sebab, ketika tetesan minyak ini mengenai lidah atau gusi yang sensitif, maka bisa menimbulkan rasa nyeri. Alternatifnya, gunakanlah kapas yang sudah ditetesi minyak cengkeh dan olesi pada gigi yang sakit.

6. Kompres dengan Es

Cara meredakan sakit gigi di rumah juga bisa memanfaatkan es. Caranya cukup simpel. Masukan es ke dalam kantong plastik, lalu bungkus dengan kain tipis. Kemudian, tempelkan es yang sudah terbungkus pada area gigi yang terasa sakit. Sensasi dingin dari es ini bisa “mematikan” saraf gigi yang terasa sakit. Selain menempelkan es, kita juga bisa sembari memijat daerah gigi yang terasa sakit dengan jari.

Itulah tadi informasi mengenai obat sakit gigi alami yang bisa meredakan sakit. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here