Sunday, 28 April 2024
HomeHiburan7 Sayuran Ini Memiliki Sedikit Karbohidrat, Cocok Untuk Diet

7 Sayuran Ini Memiliki Sedikit Karbohidrat, Cocok Untuk Diet

Bogordaily.net – Berikut tujuh pilihan dengan sedikit karbohidrat, cocok untuk Anda yang sedang diet. Banyak makanan yang mengandung karbohidrat. Tinggal bagaimana memilih sumber makanan yang tepat untuk dikonsumsi.

memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, jangan sembarangan mengonsumsi sayur segar. Apalagi, setiap memiliki kandungan gula yang berbeda-beda.

Dilansir dari Medical News Today, adalah makanan tinggi serat dan rendah kalori yang mengandung berbagai senyawa sehat. Bahan makanan ini terdiri dari banyak vitamin, mineral, dan fitokimia atau zat kimia yang bersumber dari tumbuhan. Secara umum, semakin tinggi kadar airnya, semakin rendah pula kandungan karbohidratnya.

Berikut pilihan dengan karbohidrat paling sedikit:

1. Mentimun

Mentimun menyediakan 3,63 gram karbohidrat. Namun, apabila bagian kulitnya dikupas, ini hanya mengandung 2,16 gram per 100 gram porsi.

2. Seledri

Seledri merupakan serba guna yang cocok dimasukkan ke dalam salad. ini menyediakan karbohidrat sekitar 2,97 gram per 100 gram. Bukan hanya membantu melancarkan diet, dikutip dari Kompas.com, seledri juga mendukung kesehatan tubuh dengan memerangi tekanan darah tinggi dan asam urat tinggi.

ini juga mencegah alzheimer atau penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, berbicara, serta perilaku.

3. Bayam

Bayam adalah sumber penting zat besi, kalsium, dan magnesium. Oleh karenanya, konsumsi ini turut membantu melengkapi asupan harian ketiga mineral tersebut. Tak hanya itu, bayam juga tergolong sayuran rendah karbohidrat, yakni hanya mengandung 3,63 gram untuk setiap 100 gramnya.

4. Tomat

Dikutip dari Healthline, tomat adalah sayuran rendah karbohidrat yang mudah dicerna. Sayuran ini hanya mengandung 3,89 gram untuk setiap 100 gramnya.

Tomat juga kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah serta risiko stroke.

5. Kale

Kale juga hanya mengandung 1 gram karbohidrat per 21 gramnya, sehingga amat cocok dikonsumsi orang yang ingin menurunkan berat badan. Bahkan, sayuran ini pun kaya akan vitamin C yang terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

6. Paprika

Paprika yang memiliki warna merah, kuning, dan hijau sangat bergizi. Jenis sayuran ini mengandung antioksidan dan melindungi tubuh terhadap kanker, kolesterol, serta mengurangi peradangan.

7. Brokoli

Brokoli diyakini dapat mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa brokoli membantu melindungi dari jenis berbagai kanker dan kaya akan vitamin C dan K.(*)

Itu tadi tujuh sayuran dengan sedikit karbohidrat yang cocok untuk diet. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here