Sunday, 19 May 2024
HomeKota Bogor843 Mahasiswa UIKA Bogor Lulus Bimbingan Baca Tulis Quran

843 Mahasiswa UIKA Bogor Lulus Bimbingan Baca Tulis Quran

Bogordaily.net – Sebanyak 843 Mahasiswa angkatan 2022/2023 dinyatakan lulus mengikuti Bimbingan () yang diselengarakan oleh Unit (MKU) di Auditorium Prof. Abdullah Siddiq, SH., Kampus UIKA pada hari Kamis, 9 Februari 2023.

Hal ini disampaikan Nirwan Syafrin, Ph.D., selaku Ketua MKU saat penyampaian laporan Program MKU pada penutupan kegiatan yang dihadiri oleh para pimpinan universitas, para dosen studi Islam (STI) serta para tutor yang terlibat.

Nirwan menuturkan, dari total 843 yang mengikuti program bimbingan (), sebanyak 748 mahasiswa UIKA telah mendapat rekomendasi kelulusan dan berhak mendapatkan sertifikat, serta 113 mahasiswa dinyatakan belum lulus dan harus mengulang di tahun mendatang.

Selain diajarkan , menurutnya, para peserta juga mendapatkan pemahaman terkait hal-hal yang wajib mereka fahami sebagai muslim, meliputi pembelajaran Aqidah, Akhlak dan Ibadah.

“Mereka diajarkan taharah (bersuci), rukun-rukun ibadah, dan hal-hal lainnya dalam menjalankan agama,” kata Nirwan Syafrin.

Kata dia, MKU telah menerjunkan 80 tutor dari para mahasiswa terpilih yang telah diberikan pembinaan untuk mendampingi dosen STI dalam rangka mensukseskan kegiatan tersebut.

Tak lupa di akhir pemaparan laporannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada para dosen, dan terkhusus para tutor yang telah berkontribusi dan mengabdikan dirinya untuk membimbing sesama mahasiswa lainnya.

“Bagi yang belum lancar dan fasih membaca dan menulis al qurannya, seraya berharap agar tahun depan mereka dapat berkontribusi kembali,” jelasnya.

Selain pemaparan laporan, penutupan ini juga dihadiri oleh Ketua Senat , Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS., Wakil Rektor Akademik Dr. Hj. Maemunah Sa'diyah, M.Ag., dan para undangan dari pimpinan Fakultas serta perwakilan dari beberapa tutor dari kalangan mahasiswa.

Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS. dalam kegiatan juga memberikan nasehat dan taujihad kepada para tutor yang telah selesai melaksanakan di semester ini.

Terakhir, kegiatan ditutup dengan pembagian sertifikat untuk para tutor dan doa yang disampaikan oleh sekretaris MKU Dr. Samsul Basri, M.E.I. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here