Thursday, 25 April 2024
HomeKuliner8 Makanan Khas Bogor Ini Wajib Dicoba, Gak Ada di Tempat Lain

8 Makanan Khas Bogor Ini Wajib Dicoba, Gak Ada di Tempat Lain

Bogordaily.net – Simak delapan Bogor yang wajib Anda coba saat melancong ke Kota Hujan. Mungkin sebagian orang hanya mengetahui asinan Bogor. Namun, Bogor ternyata memiliki banyak yang harus dicoba.

Pada faktanya, makanan di Bogor variasinya sungguh luar biasa. Hampir semua rasa ada, dari yang gurih, manis, pedas, asam hingga asin, yang menjadikan kuliner di Bogor layak masuk dalam rencana wisata berikutnya.

Nah, kalau kamu sedang liburan ke Bogor, jangan lupa cobain delapan Bogor yang unik, enak dan bikin ketagihan berikut ini ya.

8 Bogor

1. Laksa Bogor

Laksa ini kerap dihidangkan saat acara syukuran, pesta pernikahan ataupun kebudayaan.

Laksa tampak seperti soto dengan isian ketupat, bihun, tauge, daun kemangi, tahu kuning dan juga telur rebus. Laksa memakai banyak rempah-rempah sebagai rasanya.

2. Mie Glosor

Mie glosor biasanya ditemukan sebagai menu berbuka puasa bagi umat Muslim di kota Bogor.

Makanan ini kerap disajikan dengan sambal kacang, kerupuk mie, dan tambah gorengan. Ciri dari mie glosor ini berwarna kuning dengan bahan dasar dari singkong juga kunyit.

3.

Siapa yang tak kenal dengan makanan satu ini. Roti Unyil sering dijadikan oleh-oleh Bogor. Bentuk dari berbentuk kecil sehingga cocok dijadikan cemilan.

Menjadikan unik dari makanan ini karena banyak memiliki isi dan bentuknya yang unik. Tak heran jika berbagai kalangan suka akan kiliner satu ini.

Baca Juga: Lokasi Warkop Tampomas Terenak di Kota Bogor, Wajib Coba

4.

Bentuknya mirip seperti lontong sayur atau disebut dengan kupat tahu.

Bahan yang digunakan untuk membuat adalah irisan kentang goreng, tahu goreng dan telur rebus disiram bumbu kacang dan kecap. Makanan ini mempunyai ciri khas seperti ketupat yang dibuat dari beras dibungkus dan direbus.

5. Cungkring

Makanan Cungkring disajikan sebagai menu sarapan oleh masyarakat Bogor. Bahan dasar dari makanan ini terbuat dari kaki sapi.

Kaki sapi tersebut dipotong jadi empat bagian. Damam satu porsi Cungkring bisa mendapatkan kulit, kikil, urat dan dampal yang diolah jadi satu kemudian disajikan.

6. Kacang Bogor Istana

Kacang khas Bogor ini memiliki bentuk bentuk bulat bewarna ungu. Kacang jni Juga terkenal dengan nama Kacang Bogor Istana. Meski demikian, makanan ini ternyata berasal dari Afrika Barat dan memiliki nama Vigna Suterranea.

Perlu kamu tahu juga bahwa kacang ini tak bisa tumbuh dan dipanen sepanjang tahun. Sehingga, jika ketika musimnya datang, masyarakat Bogor pun mengolahnya menjadi kacang Bogor goreng yang bisa dinikmati dalam waktu yang panjang.

Makanan Kacang Bogor juga biasanya diolah dengan berbagai macam bumbu yang menggiurkan karena dicampur dengan adalah keju, barbeque, dan juga rasa balado.

7. Asinan Bogor

Sebelum toge goreng booming di kalangan pecinta kuliner, asinan khas Bogor lah yang menjadi primadona kota tersebut. Bogor ini diolah dengan teknik pengasinan menggunakan garam ataupun cuka.

Bahan-bahannya pun cukup sederhana yakni, potongan sayur dan buah segar. Untuk menyantap asinan bogor paling nikmat disantap bersama kerupuk serta potongan lontong atau ketupat, serta lebih nikmat ditambah dengan sambal pedas.

8. Toge goreng

Kuliner toge goreng cukup terkenal di Bogor. Makanan ini tampak seperti lontong dengan irisan gahu dan disiram dengan saus guruh dari oncom.

Demikianlah tadi delapan makanan khas Bogor yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Kota Hujan. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here