Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaArab Saudi Bakal Buat Area Ski Salju di Tengah Padang Pasir

Arab Saudi Bakal Buat Area Ski Salju di Tengah Padang Pasir

Bogordaily.net – Arab Saudi akan membangun pusat olahraga musim dingin dengan area bermain ski yang luas di tengah padang pasir. Pusat Olahraga itu musim dingin terbesar itu bernama Trojena.

Seperti dilansir dari Daily Star Selasa, 1 Februari 2023, Trojena adalah nama pembangunan mega proyek tersebut, dan ditargetkan bisa menjadi tempat berlangsungnya Asian Winter Games 2029.

Tentunya lokasi yang unik, yakni di tengah gurun Arab Saudi, diharapkan bisa menyaingi beberapa tujuan ski paling populer di dunia.

Trojena akan dibangun sejauh 48 kilometer di daerah pegunungan Sarawat, pantai timur Laut Merah. Di lokasi tersebutsuhu lingkungannya sekitar 10 derajat Celcius lebih rendah dari tempat lain di Arab Saudi.

Trojena akan menjadi tuan rumah Asian Winter Games pada tahun 2029 mendatang dan upaya mewujudkan itu telah dimulai untuk mengubah kawasan tandus menjadi resor futuristik.

Di musim dingin, suhu di daerah tersebut akan turun di bawah titik beku dan menyaksikan munculnya salju. Selain itu, juga akan ada danau buatan manusia di kawasan lereng area ski.

Tetapi, muncul keraguan dari para kritikus tentang kemampuan mempertahankan cukup salju di lereng ski.

Pusat olahraga ini merupakan bagian dari pembangunan proyek kota pintar sepanjang 177 kilometer yang disebut NEOM. Mega proyek akan melihat pembangunan kota pencakar langit. Sehingga, nantinya akan lebih tinggi dari Empire State Building dan lebih besar dari luas negara bagian Massachusetts.

Proyek ini merupakan gagasan Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman dan pekerjaan juga sudah dimulai dengan struktur yang luar biasa.

Kota pencakar langit yang menelan biaya £400 miliar ini diperkirakan bisa menampung lima juta penduduk.

Trojena berambisi menjadi tujuan ikonik kelas dunia, memadukan bentang alam dan lanskap yang dikembangkan serta menawarkan pengalaman unik yang berpusat pada manusia bagi penduduk dan pengunjung.

Destinasi ini akan menampung enam distrik pengembangan khusus yang berpusat di sekitar pengalaman khusus yang menyatu nyata dengan inovasi arsitektur dan teknik virtual. “Semua untuk menciptakan tujuan yang tiada duanya di dunia,” kata pihak NEOM.

Trojena juga tidak hanya akan menjadi tempat yang mempesona untuk dikunjungi, namun juga tempat magis untuk tinggal dan bekerja.

Lokasi itu akan dilengkapi dengan danau air tawar buatan manusia dan cagar alam serta lereng ski luar ruangan.

Suhu di daerah tersebut sering turun di bawah nol di musim dingin dan merupakan salah satu dari sedikit daerah di kerajaan gurun yang memiliki salju. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here