Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaBaik untuk Kesehatan, Berikut Manfaat Telur untuk Jantung

Baik untuk Kesehatan, Berikut Manfaat Telur untuk Jantung

Bogordaily.net – Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients mengungkapkan bahwa makan telur satu dan tiga telur per pekan memiliki manfaat positif untuk yakni menurunkan risiko penyakit hingga 60 persen.

Penyakit merujuk pada segala kondisi menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke. Makan telur bisa memainkan peran penting dalam menangkal penyakit tersebut.

Dikutip dari PMJ, sebuah studi terhadap lebih dari 3.000 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang makan dalam jumlah ini 60 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit .

Sebanyak 3.042 pria dan wanita dari Yunani ikut serta dalam uji coba tersebut. Penelitian menyoroti survei tentang berapa banyak telur yang mereka makan per pekan, baik secara keseluruhan atau sebagai bagian dari resep.

Setelah satu dekade berlalu sebanyak 317 dari mereka telah mengalami penyakit selama waktu itu.

Orang yang makan satu atau lebih sedikit telur dalam sepekan memiliki tingkat kejadian penyakit 18 persen. Sedangkan orang yang mengkonsumsi satu hingga empat butir telur sepekan memiliki tingkat kejadian sembilan persen, dengan mereka yang makan empat hingga tujuh butir sepekan delapan persen.

Studi ini menemukan, peserta yang makan satu sampai tiga telur sepekan memiliki risiko 60 persen lebih rendah terkena penyakit .

Mereka yang makan empat sampai tujuh telur sepekan memiliki risiko 75 persen lebih rendah. Namun, jika mempertimbangkan potensi asupan asam lemak jenuh (SFA), disimpulkan bahwa makan satu hingga tiga butir telur sepekan lebih aman.

“Dalam kasus konsumsi SFA yang lebih tinggi, hanya satu hingga tiga butir sepekan tampaknya melindungi dari penyakit ,” tulis studi tersebut.

Penulis penelitian mengakui bagaimana perdebatan seputar telur dan bisa menjadi kontroversial.

“Telur tetap menjadi salah satu makanan yang paling kontroversial karena asam lemak jenuhnya (tiga gram/100 gram) dan kandungan kolesterol (370mg/100g) beserta komposisinya, yang kaya akan protein berkualitas tinggi, zat besi, vitamin yang larut dalam lemak, mineral, dan karotenoid,” tulis makalah itu.

Dia memperingatkan, konsumsi telur harus diimbangi dengan diet sehat untuk melihat manfaatnya. Hal ini sejalan dengan temuan dari studi kohort yang dilaksanakan di Italia, di mana efek yang memberatkan dari peningkatan konsumsi telur terutama dimediasi oleh asupan kolesterol makanan secara keseluruhan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here