Wednesday, 15 May 2024
HomeKabupaten BogorBantu Stabilkan Harga Bahan Pokok, Pemkab Bogor Gelar Pangan Murah

Bantu Stabilkan Harga Bahan Pokok, Pemkab Bogor Gelar Pangan Murah

Bogordaily.net – Plt Bupati Iwan Setiawan meninjau langsung pelaksanaan kegiatan Gelar Pangan Murah (GPM), yang berlangsung di Kantor Kelurahan Karadenan Cibinong, pada Kamis 23 Februari 2023. GPM dilakukan sebagai upaya untuk menstabilkan dan menekan angka kenaikan harga pangan di Kabupaten .

Plt. Bupati Iwan Setiawan mengatakan, bazar atau GPM merupakan lanjutan dari kegiatan peninjauan harga kebutuhan pokok beberapa waktu lalu ke Pasar Cibinong, untuk mengecek langsung harga beberapa kebutuhan pokok seperti, beras, minyak goreng, dan lainnya.

“Hari ini kami laksanakan bazar pangan murah bekerjasama dengan distributor. Ada tiga distributor besar yang kami undang untuk berpartisipasi di kegiatan bazar dengan menyediakan kebutuhan pokok sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET),” kata Iwan.

Iwan juga menambahkan, akan terus aktif melakukan Operasi Pasar Murah di sejumlah wilayah Kabupaten dan saat ini sedang ditentukan titik lokasinya.

“Kami harap kestabilan harga pangan ini bisa terus membaik dan kembali normal, meskipun kegiatan Gelar Pangan Murah tidak ada lagi,” jelasnya.

Adapun beberapa kebutuhan pokok disediakan, seperti beras Rp45.000/5 kg, ayam potong Rp34.000/ ekor, daging sapi Rp85.000-100.000/kg.

Kemudian gula pasir Rp13.000/kg, telur ayam Rp25.000/kg, minyak goreng Rp14.000/liter, cabai merah keriting Rp12.000/250gr.

Lalu cabai rawit Rp17.000/250gr, bawang merah Rp18.000/500gr, bawang putih Rp12.000/500gr dan lainnya.

Sementara itu, Kabid Distribusi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten mengatakan, Gelar Pangan Murah (GPM) nantinya digelar kembali menjelang bulan Ramadhan, dan pada minggu depan akan dilaksanakan di Wilayah Kelurahan Pabuaran Mekar.

“Untuk gelar pangan murah ini tentunya akam kami laksanakan kembali, dan minggu depan di wilayah Pabuaran Mekar,” ujar Jona Sijabat kepada Bogordaily.net, Jumat 24 Februari 2023.

Tentunya adanya gelar pangan murah ini membuat masyarakat antusias membeli bahan pangan murah. Pasalnya, banyak harga bahan pokok yang kini kian melonjak seperti beras dan juga minyak.

Salah satu warga Cibinong, Ani mengatakan Gelar (GPM) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten sangat bagus dan sangat membantu semua warga.

“Saya sengaja kesini untuk beli minyak, bagus banget acaranya sangat membantu kami,” ungkapnya.

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here