Monday, 29 April 2024
HomePolitikBawaslu Kabupaten Bogor Ajukan Dana Rp 1,8 Miliar Guna Perlengkapan Gedung

Bawaslu Kabupaten Bogor Ajukan Dana Rp 1,8 Miliar Guna Perlengkapan Gedung

Bogordaily.net () Kabupaten Bogor menyebut telah menganggarkan uang sebesar Rp1,8 miliar, untuk menunjang kebutuhan perlengkapan gedung yang baru diresmikan pada Rabu, 15 Februari 2023.

“Kita udah mengajukan anggaran dan disediakan Rp1,8 miliar tahun ini,” kata Ketua , Irvan Firmansyah usai kegiatan syukuran Gedung .

Ia menyebut gedung berlantai tiga itu masih memerlukan banyak kebutuhan kantor untuk memaksimalkan kinerja pengawasan pemilu. Oleh karenanya, hingga saat ini masih menggunakan perlengkapan dari kantor lama.

Baca juga : Bawaslu Kota Bogor Ajak Warga Berperan Aktif Awasi Pemilu 2024

“Kita aspek mebelair saja, sebenernya sampai sekarang yang belum terpenuhi karena memang pertama pengadaaan dari RI belum ada untuk pengadaan mebelair. Jadi kita masih menggunakan perlengkapan yang kita gunakan di kantor yang lama,” ujar Irvan.

Namun, kata Irvan, nilai tersebut bagaikan angin lewat sebab, ada kebijakan yang telah ditetapkan oleh RI untuk tak menerima hibah uang.

“Kita udah mengajukan anggaran dan disediakan 1,8 miliar tahun ini. Hanya memang permasalahannya kita itu tidak boleh menerima hibah uang sama bawaslu RI,” pungkasnya kepada Bogordaily.net.

Ia berharap, agar ada kebijakan baru yang berpihak kepada untuk dapat membelanjakan perlengkapan untuk kebutuhan gedung itu.

Sementara, Plt. Bupati Iwan Setiawan mengatakan, masih memiliki sejumlah kebutuhan lain untuk memaksimalkan kerja pengawasan di Pemilu 2024 mendatang, salah satunya perlengkapan kantor yang masih minim.

Ia menyebut, pihaknya sudah menganggarkan untuk pemenuhan mebelair itu, namun karena terbentur aturan, Pemkab Bogor tidak bisa memberikan bantuan berupa uang kepada Bawaslu.

“Terkait mebelair ini memang kurang leluasa kami karena Bawaslu tidak bisa nerima uang hibahnya, sedangkan kami mengalokasikan dana di tahun 2023-2024 itu berbentuk uang,” kata Iwan.

Baca juga : Bawaslu Kabupaten Bogor Siap Awasi Tahapan Coklit Pemilu 2024

Kendati demikian, ia mengaku akan mencari solusi untuk membantu perlengkapan itu Bawaslu dalam memaksimalkan kerja pengawasan pada Pemilu 2024 mendatang.

“Nanti kita cari solusinya, nanti coba ditanya ketua bawaslu, mudah-mudahan ketua bawaslu membuka keran bantuan itu bisa berupa uang,” ungkap dia. (Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here