Saturday, 28 September 2024
HomeKabupaten BogorBaznas Kabupaten Bogor Bentuk Duta Akhlak dan Duta Zakat

Baznas Kabupaten Bogor Bentuk Duta Akhlak dan Duta Zakat

Bogordaily.net–   Baznas Kabupaten Bogor menggelar rapat koordinasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan pembentukan duta akhlak dan duta zakat, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa, 7 Februari 2023.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 500 orang perwakilan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dari berbagai kalangan masyarakat Kabupaten Bogor didedikasikan untuk menjadi Duta Akhlak dan Duta Zakat.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bogor, KH Lesmana mengatakan, program ini sejalan dengan program 10.000 orang Duta Zakat Baznas Provinsi Jawa Barat. Nantinya para duta zakat dan akhlak ini dapat meyakinkan masyarakat untuk dapat membayar zakat.

“Duta zakat dan akhlak ini nantinya meyakinkan dengan akhlak kepada masyarakat, bukan karena paksaan untuk membayar zakat, infak dan sedekah ke Baznas,” kata Lesmana, dalam kegiatan rapat koordinasi bersama UPZ Se-Kabupaten Bogor di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa, 7 Februari 2023.

Kata dia, duta ahlak dan duta zakat ini diberikan pelatihan agar nantinya secara aktif meneruskan pemahaman tentang ZIS di lingkungan masing-masing. Dan sudah ada 800 UPZ yang tersebar di Kabupaten Bogor.

“Baznas merupakan satu-satunya lembaga zakat yang diakui pemerintah. Saat ini ada 800 UPZ di Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Ia mengatakan, masih banyak pihak lain yang menghimpun zakat tanpa Surat Keputusan (SK) sebagai UPZ yang diakui pemerintah. Ia berharap hadirnya duta akhlak ini bisa memberikan pencapaian ZIS yang amanah.

“Kehadiran duta Akhlak dan duta zakat dapat memberikan capaian ZIS berlandaskan amanah dan juga akhlak yang baik,” ujar Lesmana.

Sementara itu Baznas Kabupaten Bogor menjadi Baznas terbaik se-Jawa Barat, serta penghimpun zakat terbaik di tingkat Nasional.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here