Thursday, 28 March 2024
HomeEkonomiBerdayakan UKM untuk Dukung Kepemimpinan Indonesia di ASEAN, ACSB Indonesia Lantik Kepengurusan...

Berdayakan UKM untuk Dukung Kepemimpinan Indonesia di ASEAN, ACSB Indonesia Lantik Kepengurusan Pusat Baru untuk

Bogordaily.net – Awal tahun 2023 ini menjadi momen penting bagi Indonesia Council for Small Business (ICSB) yang secara resmi telah bertransformasi menjadi Asia Council for Small Business (ACSB) Indonesia yang merupakan organisasi non profit dengan visi melakukan pemberdayaan terhadap pelaku , serta pengembangan spirit kewirausahaan di Indonesia.

Perubahan nama yang diumumkan sejak Musyawarah Nasional (MUNAS) pada 7 Oktober 2022 di Ubud, Bali, sebagai bentuk transformasi organisasi yang lebih terintegrasi dengan jaringan regional di Asia, dengan harapan program pemberdayaan bisa melibatkan lebih banyak pihak, termasuk mitra-mitra di Asia.

Kepengurusan Asia Council for Small Business (ACSB) terdapat di 11 negara Asia yaitu Indonesia, Jepang, China, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Vietnam, Sri Lanka, dan Bangladesh, juga 3 daerah di Hong Kong, Makau, dan Taiwan.

Asia Council for Small Business (ASCB) Indonesia menyepakati pembentukan tim formatur guna menyusun kepengurusan di tingkat pusat untuk periode 2022 – 2024 yang ditetapkan oleh Hermawan Kartajaya selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Lembaga Pengembang Usaha Kecil Indonesia pada 31 Januari 2023.

Penetapan pengurus Pusat secara resmi disampaikan dalam Pelantikan Pengurus Pusat Asia Council for Small Business (ACSB) Indonesia 2022 – 2024 pada Rabu, 1 Februari 2022, oleh Hermawan Kartajaya.

“Saya secara resmi melantik saudara-saudari sebagai Pengurus Pusat ACSB, untuk kerja bakti periode 2022 – 2024 sesuai dengan visi ACSB yaitu melakukan pemberdayaan terhadap pelaku , serta penguatan semangat kewirausahaan di Indonesia. ” sambut Hermawan Kartajaya.

Dalam pelantikan kepengurusan ini, Mufid Wahyudi selaku President dan CEO , menyatakan bahwa dalam rangka kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023, ACSB mendukung Kementerian Koperasi dan untuk menghadirkan 3 program utama yang dapat diterapkan oleh organisasi dengan menggunakan konteks dari CI-EL (Creativity, Innovation, Entrepreneurship, and Leadership) berupa e-Journal, e-Book, and konferensi untuk pelaku UKM di ASEAN.

Selain itu, Hermawan Kartajaya yang juga sebagai Founder & Chairman MCorp, menyampaikan bahwa ada 3 tujuan strategis yang ingin disasar oleh dalam periode ini, yaitu penguatan fondasi bisnis (business foundation) bagi pelaku UKM, pengembangan pelaku UKM untuk bisa menjadi jawara lokal (local champion), serta penyiapan pelaku UKM untuk bisa melakukan ekspor (export readiness).

Tujuan ini harus direalisasikan dalam bentuk program-program nyata. Salah satunya, yang akan berkolaborasi mendukung sertifikasi halal gratis bagi pelaku UKM, di mana tahun ini pemerintah Indonesia menargetkan 1 juta UKM mendapatkan sertifikat halal.

Untuk merealisasikan program-program tersebut, akan menjalin kolaborasi strategis dengan berbagai institusi, di antaranya Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pariwisata.

Sebagai informasi, ACSB memiliki dua sayap yaitu Womanprenerus Indonesia Network (WIN) yang bekerjasama dengan Womenperenurs Asia Network (ACSB Bangladesh) untuk mendukung pencapaian SDGs, dan sayapnya kedua adalah Agripreneurs Indonesia (GRIN) yang berkolaborasi dengan Agripreneurs Asia (GRAS) untuk membangun kerjasama di antara pemerintah, pelaku bisnis, peneliti, dan pembina dalam rangka memajukan dan mempromosikan agripreneurship di Indonesia.

Susunan Pengurus Pusat 2022 – 2024
1. Board of Advisors : Y. W. Junardy dan Jacky Mussry
2. Board of Experts :Hendra Warsita dan Jacky Mussry
3. Co-Founder : A. A. G. N. Puspayoga
4. Chairman : Hermawan Kartajaya
5. President & CEO : Mufid Wahyudi
6. Senior Vice President External : Diah Yusuf
7. Senior Vice President Internal : Setyo Riyanto
8. Chief Operating Officer (COO) : Ardhi Ridwansyah
9. Deputy COO External : Jatu Barmawati
10. Deputy COO Internal : Edo Rinaldo
11. Treasurer : Ajeng Aditi
12. Vice President Partnership : Banowati Talim
13. General Manager Government Relation : Asep Mulyana
14. General Manager Academic & Research Networks : Hanny Nurlatifah
15. General Manager Corporate Relations : Novrizal D. Pattersen
16. Vice President Operations : Hasan Abdul Rozak
17. Assistant Vice President Operations : Ika Rosyada Fitriati
18. Vice President Program : Catharina Badra Nawangpalupi
19. General Manager Marketing Empowerment : Agus Pribadi
20. General Manager People Empowerment : Irwan Tamrin
21. General Manager Financial Access : Novita Ekasari Indra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here