Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaBom di Masjid Pakistan, Pelaku Pakai Seragam Polisi

Bom di Masjid Pakistan, Pelaku Pakai Seragam Polisi

Bogordaily.net– di masjid yang meledak, Senin, 30 Januari 2023 lalu hingga kini masih dalam penyelidikan polisi. Tragedi maut yang menewaskan seratus orang lebih dan ratusan lainnya luka-luka itu dilakukan oleh pelaku .

Dikutip dari CNN Indonesia, dalam menjalankan aksinya, pelaku berhasil mengelabui polisi lantaran memakai seragam polisi.

“Mereka yang bertugas saat itu tidak memeriksanya karena dia mengenakan seragam polisi. Itu adalah kesalahan keamanan,” kata kepala kepolisian Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Moazzam Jah Ansari, seperti dikutip AFP.

Ansari menjelaskan pelaku mengenakan seragam diketahui setelah polisi mencocokkan kepala yang ditemukan di lokasi kejadian dengan rekaman CCTV. Ia juga menduga pelaku tak beraksi sendirian. Menurutnya, ada sebuah jaringan di belakang pelaku.

Polisi saat ini masih menyelidiki bagaimana itu bisa terjadi di salah satu daerah paling ketat di kota tersebut.

Kawasan tersebut memang menampung biro intelijen dan kontra-terorisme, serta bersebelahan dengan sekretariat daerah.

Baca Juga: Bom Bunuh Diri Meledak di Masjid Pakistan, 61 Orang Tewas

Baca Juga: Korban Bom Bunuh Diri di Masjid Pakistan Bertambah Jadi 100 orang

Seorang pejabat senior polisi mengatakan kepada AFP otoritas tengah menyelidiki dugaan keterlibatan orang-orang di kompleks tersebut. Sedikitnya 23 orang telah ditahan buntut insiden itu.

“Kami telah menahan orang-orang dari garis polisi (markas besar) untuk mengetahui bagaimana bahan peledak bisa masuk dan untuk melihat apakah ada petugas polisi yang juga terlibat dalam serangan itu,” ujarnya yang ingin namanya anonim kepada AFP.

Sebelumnya diberitakan, meledak di masjid yang berada di kantor polisi di .

Perdana Menteri Shehbaz Sharif menyebut ledakan itu sebagai serangan yang terjadi saat zuhur. Kondisi masjid sedang dipenuhi jamaah termasuk anggota polisi.

Kepala Polisi Peshawar, Muhammad Ijaz Khan mengatakan saat peristiwa terjadi sekitar 400 aparat polisi berada di dalam dan sekitar masjid. Lokasi ini berada di salah satu kawasan dengan pengamanan paling ketat di Peshawar yang meliputi markas polisi serta biro intelijen dan kontra-terorisme.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here