Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaCiri-Ciri Kanker Payudara yang Jarang Disadari, Apa Saja?

Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Jarang Disadari, Apa Saja?

Bogordaily.net–  Ciri-ciri kanker kerap jarang disadari. Penyakit ini termasuk jenis kanker yang sangat berbahaya. Apa saja ciri-ciri kanker ? Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari laman Halodoc.com:

Kanker merupakan kondisi ketika jaringan pada , seperti saluran susu hingga jaringan penunjang lainnya, terserang sel kanker. Kanker dapat terjadi pada pria dan wanita, tetapi lebih sering terjadi pada kaum hawa. Berikut ini ciri-ciri kanker yang perlu diwaspadai dan tidak boleh diabaikan:

Adanya Benjolan Tidak Wajar di

Munculnya benjolan pada jaringan menjadi salah satu gejala kanker . Jaringan yang dimaksud membentang dari area payudaranya sendiri, hingga ke bagian bawah lengan.

Benjolan dapat terbentuk di dada atau ketiak selain di daerah payudara. Kelenjar getah bening yang ada di bawah lengan atau dekat payudara dapat bertindak sebagai saluran penyebaran sel kanker ke organ lain. Benjolan khusus kanker payudara hanya dapat dirasakan setelah ditemukan dan tidak dapat dilihat secara langsung.

Baca Juga: Manfaat Meremas Payudara bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Ukuran Payudara Besar Sebelah

Payudara kiri dan kanan wanita memang seringkali berbeda ukurannya. Namun, perbedaan ukuran yang tidak wajar dan sangat jauh bisa disebabkan oleh perkembangan benjolan karena kanker. Perlu diwaspadai ukuran payudara yang mulai tidak sebanding dan tidak normal bisa menjadi indikasi kanker payudara. Selain itu, sisi payudara yang lebih besar juga akan terlihat melorot atau turun. Hal ini juga disebabkan oleh perkembangan benjolan payudara.

Perubahan pada Tekstur Kulit Payudara

Perubahan tekstur kulit payudara merupakan gejala kanker payudara yang harus diwaspadai. Gejala ini disebabkan oleh sel-sel kanker yang juga menyerang sel-sel kulit payudara yang sehat menjadi meradang dan berubah. Namun, ciri-ciri kanker payudara ini terkadang dianggap sebagai kondisi kulit atau infeksi yang umum.

Puting Tampak Melesak ke Dalam

Sel kanker juga dapat menyerang sel di bawah puting. Puting susu yang biasanya menonjol ke luar mungkin akan tampak terkulai atau melesak ke dalam. Anda harus berhati-hati jika melihat perubahan seperti ini di area puting.

Keluarnya Cairan Berwarna dari Puting

Tanda-tanda kanker payudara pada puting dapat berupa keluarnya cairan berwarna cokelat kemerahan. Penyakit ini dapat disebabkan mulanya karena luka seperti eksim pada puting yang tidak kunjung sembuh. Munculnya benjolan, perubahan kulit, dan keluarnya cairan dari puting memang tidak selalu menandakan kanker payudara. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan jika mengalaminya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here