Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorDiguyur Hujan Deras, Sejumlah Rumah di Ciawi Rusak Terdampak Banjir dan Longsor

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Rumah di Ciawi Rusak Terdampak Banjir dan Longsor

Bogordaily.net – Sejumlah di Kampung Babakan Ciaul, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor terdampak banjir dan longsor, akibat hujan deras yang terjadi pada Kamis, 23 Februari 2023.

Staf Kedaruratan dan Logistik , Jalaludin mengatakan, peristiwa longsor dan banjir tersebut disebabkan karena hujan deras dengan intensitas tinggi yang menerjang wilayah Kecamatan Ciawi.

“Terjadi banjir dan tanah longsor di dua titik kampung yang berada di wilayah Desa Cibedug,” kata Jalaludin kepada Bogordaily.net, Jum'at 24 Februari 2023.

Baca juga : Warga Hampir Terisolir, Harus Merangkak Lewati Kolong Jembatan

Kata dia, sejumlah tedampak dalam peristiwa ini, dengan rincian 2 unit rusak 1 terancam, dan 1 keluarga mengungsi. Diperkirakan sampai saat ini beberapa masih terancam karena longsor susulan.

“Beberapa terancam tebingan tanah apabila terjadi longsor susulan, lalu ada 1 keluarga terdiri 4 jiwa, mengungsi di alamat yang sama,” jelasnya.

Ia mengatakan, tim TRC yang melakukan evakuasi di lokasi dibantu dengan aparat desa setempat, beserta Babinsa desa Cibedug.

“Saat ini yang terdampak longsor sedang dalam tahap perbaikan dengan dana swadaya,” ujar Jalaludin.

Baca juga : Polres Bogor Gelar Jum'at Curhat, Ini Keluh Kesah Warga Sukaraja

Ia menambahkan untuk saat ini, yang terdampak banjir materialnya sudah dibersihkan oleh pemiliknya. Namun, masih diperlukan penanganan lebih lanjut dari pihak terkait untuk mengurangi dampak kerusakan.

“Dibutuhkan penanganan lebih lanjut dari dinas terkait di khawatirkan apabila kembali turun hujan, bangunan akan mengalami kerusakan lebih,” ungkapnya. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here