Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaDompet Dhuafa Bantu Penyisiran Wilayah Terdampak Gempa Bumi Turki

Dompet Dhuafa Bantu Penyisiran Wilayah Terdampak Gempa Bumi Turki

Bogordaily.net melalui Disaster Management Center (DMC) turut tergabung dalam Tim Indonesia Search and Rescue () dan menyisir wilayah reruntuhan gempa di Turki, Selasa, 14 Februari 2023 waktu setempat.

Penyisiran itemani dengan Narwan selaku Manager Response-Recovery DMC dan dr. Sjarif Darmawan, Sp.B yang merupakan seorang dokter spesialis bedah RS. Rumah Sehat Terpadu .

“Proses evakuasi korban gempa Turki siang ini ditemukan 5 korban meninggal dunia. Lokasinya di Çekmece, Distrik Antakya, Provinsi Hatay, Turki,” terang Narwan melapor dari lokasi.

“Kita menyusuri lokasi-lokasi terdampak bencana. Namun kendala terbesar yakni cuaca yang dingin,” sambung Narwan.

Baca juga : Bocah 10 Tahun Ditemukan Hidup Usai Terjebak Puing Gempa Turki 7 Hari

Mereka menyusuri reruntuhan puing-puing gedung yang hancur akibat gempa bersama tim .

Teşekkür ederim atau yang berarti terima kasih, itu yang selalu diucapkan oleh keluarga korban yang masih hidup kepada relawan Indonesia di lapangan membantu menemukan korban dan menjalankan proses evakuasi.

Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap juga menggunakan jaket dan penghangat tubuh, mereka memantau dan menyisir tempat terdampak.

Korban tewas akibat melewati 37.000 jiwa. Sebanyak 31.643 jiwa meninggal di Turki, sementara lebih dari 5.800 jiwa tewas di Suriah.

akan turut bantu dalam aksi SAR-Evakuasi dan distribusi logistik,” lanjutnya.

Baca juga : Bantu Korban Gempa Turki dan Suriah, Haechan NCT Beri Donasi Rp 1,2 M

“Saat ini, Indonesia dipercaya memimpin SAR International gabungan di sini, itu bergantian selama tujuh hari. Ya, evakuasi akan terus dilakukan, hingga kemarin pun masih ditemukan korban selamat, salah satunya ada ibu hamil,” sebut Narwan.

Melihat kebutuhan bantuan tenaga tambahan, DMC akan segera berangkatkan tim tambahan yang terdiri dari SAR-Evakuasi dan juga jurnalis.

“Rencana akan segera kami kirimkan tim tambahan guna bantu percepatan penanganan respons Turki-Suriah. Mohon doa dan dukungannya,” terang Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC .(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here