Monday, 29 April 2024
HomeBeritaEs Krim Mixue Resmi Kantongi Sertifikat Halal MUI

Es Krim Mixue Resmi Kantongi Sertifikat Halal MUI

Bogordaily.net – Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya menetapkan gerai es krim yang sedang menjamur, Mixue bersertifikat . Mixue sendiri merupakan perusahaan waralaba yang menjual es krim dan teh berasal dari China.

Ketetapan tersebut diterbitkan MUI setelah Komisi Fatwa melaksanakan sidang produk pada Rabu, 15 Februari 2023.

“Produk Mixue telah sesuai produk . Bahannya berasal dari produk yang suci dan prosesnya terjamin,” Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh di laman resmi MUI..

Ia juga mengatakan, ketetapan MUI terhadap Mixue Ice Cream and Tea ini meliputi semua outlet dan menu.

MUI telah menetapkan standar baru terhadap produk makanan dan minuman yang memiliki cabang dengan berbagai menu. Audit produk dilakukan pada semua outlet dan menu di dalamnya.

Putusan MUI ini didapatkan setelah kajian terhadap laporan audit kehalalan yang disampaikan Lembaga Pemeriksa Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI.

Setelah terbitnya surat Ketetapan MUI ini, Badan Penyelenggara Jaminan Produk (BPJPH) Kemenag akan mengeluarkan sertifikat halal terhadap Mixue.

Lebih jauh, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Miftahul Huda mengapresiasi langkah manajemen Mixue karena telah mengupayakan proses sertifikasi halal terhadap semua produk.

“Sebelumnya, proses pemeriksaan halal terhadap Mixue membutuhkan konfirmasi ulang karena ada salah satu bahan yang harus ditelusuri, yaitu bahan flavour yang berasal dari China,” ujar Miftahul.

Ketetapan halal merupakan produk MUI pasca adanya sistem jaminan produk halal yang baru. Ketetapan halal ini menjadi domain atau wilayah MUI sebagai lembaga yang diberikan mandat undang-undang untuk melaksanakan sertifikasi halal.

Kabar ini tentu membuat senang warganet. Terlebih gerai Mixue sering menjadi perbincangan karena cara marketingnya yang unik.

Mixue memberikan kesan bahwa mereka terus membuka gerai dan pantang melihat ruko kosong. Hal ini pun membuat para netizen langsung membuat banyak meme tentang Mixue.

Namun sangking ramainya, banyak netizen yang tetap tidak mau mengantri lama untuk membeli Mixue, meskipun sekarang gerai es krim asal China tersebtu sudah mengantongi sertifikat dari MUI.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here