Friday, 29 March 2024
HomeBeritaFakta Terkini, Turki Diguncang Gempa Bumi

Fakta Terkini, Turki Diguncang Gempa Bumi

Bogordaily.net diguncang . Negara Islam itu luluh lantah. Artisan warga dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa itu

Namun, pemerintah menyatakan Bim ada laporan mengenai Warga Negara Indonesia (WNI) yang meninggal atau mengalami luka-luka akibat gempa tersebut.

Berdasarkan laporan KBRI Ankara, bermagnitudo 7,4 itu terjadi di Provinsi Kahramanmaras, Gaziantep, dan Osmaniye, bagian selatan pada Senin pukul 04.17 waktu setempat.

Sementara itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara mengatakan bahwa tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban jiwa dalam bermagnitudo 7,4 yang mengguncang bagian selatan pada Senin waktu setempat.

Baca Juga: Gempa Dahsyat Turki Tewaskan 500 Orang Lebih

“Sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban meninggal dunia,” kata KBRI Ankara dalam keterangannya pada Senin (6/2/2023).

Pusat gempa dilaporkan berada di Provinsi Kahramanmaras, sekitar 600 kilometer (km) sebelah tenggara Ankara.

Gempa disusul dengan dua gempa lanjutan berkekuatan magnitudo 6,4 dan 6,5 di Provinsi Gaziantep, yang berjarak 700 km sebelah tenggara .

Saat ini, 51 korban jiwa telah dilaporkan, ratusan orang terluka, serta sejumlah bangunan runtuh dan rusak berat, akibat ketiga gempa itu, demikian laporan KBRI Ankara.

KBRI Ankara telah berkoordinasi dengan otoritas lokal di daerah tersebut serta berkomunikasi dengan anggota Satgas Perlindungan WNI dan perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) di sekitar lokasi.

Sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban meninggal dunia. Namun, tiga orang WNI mengalami luka, 1 orang di Kahramanmaras dan 2 orang Hatay, dan saat ini mereka sudah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Lebih lanjut, mereka menyebutkan bahwa sejumlah WNI di Kahramanmaras harus meninggalkan apartemen karena mengalami kerusakan parah.

KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementara untuk WNI mengungsi sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat.

Baca Juga: Muslim Turki Lakukan Aksi Protes Pembakaran Al Quran di Swedia

Sementara itu, dikabarkan bahwa Presiden Recep Tayyip Erdogan telah berkomunikasi dengan Gubernur Kahramanmaras untuk menyampaikan pesan duka kepada masyarakat terdampak dan untuk menyampaikan bahwa pemerintah telah mengerahkan tim SAR dari seluruh .

Kemudian, Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu, kata KBRI Ankara, menyampaikan bahwa prioritas saat ini adalah penyelamatan korban yang terjebak di reruntuhan dan bantuan darurat bagi masyarakat terdampak.

Mengingat kerusakan yang parah akibat gempa itu, jumlah korban jiwa diperkirakan akan terus bertambah.

Untuk itu, KBRI Ankara akan terus berkoordinasi dengan otoritas lokal, Satgas Perlindungan WNI serta masyarakat Indonesia di wilayah terdampak.

Baca Juga: Serangan Udara Turki di Suriah Tewaskan 31 Orang

KBRI Ankara menyebutkan bahwa terdapat sekitar 6.500 WNI yang terdata tinggal di seluruh Turki. Dari jumlah tersebut, terdapat sekitar 500 orang tinggal di area gempa dan sekitarnya.

Sebagian besar WNI berstatus pelajar dan mahasiswa dan sebagian lainnya adalah WNI yang menikah dengan warga setempat serta pekerja di organisasi internasional.

Sementara itu, KBRI Ankara juga menyampaikan nomor hotline +90 532 135 22 98 untuk para WNI di Turki yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut dan hingga kini kabar Turki diguncang menjadi perhatian dunia. (ANTARA/suara.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here