Thursday, 9 May 2024
HomeBeritaGempa Dahsyat Turki, Korban Tewas Bertambah Jadi 2.308 Orang

Gempa Dahsyat Turki, Korban Tewas Bertambah Jadi 2.308 Orang

Bogordaily.net– terus menelan korban jiwa. Korban tewas dilaporkan bertambah. Hingg Senin, 6 Februari 2023, sebanyak 2.308  orang tewas di seluruh wilayah dan Suriah, setelah gempa berkekuatan M 7,7 mengguncang Senin, 6 Februari 2023 pagi.

Melansir Detik.com dari AFP dan The Guardian, telah menewaskan sedikitnya 1.498 orang di Turki dan 810 orang di Suriah. juga mengakibatkan 7.600 orang di Turki dan 1.280 di Suriah terluka dan ribuan bangunan ambruk.

Baca Juga: Gempa Dahsyat Turki Tewaskan 500 Orang Lebih

Korban tewas diperkirakan akan meningkat. Selain itu, susulan juga diprediksi dapat berlanjut selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Dikutip dari CNN Indonesia korban tewas di Turki mencapai seribu orang lebih dan tersebar di beberapa kota di wilayah tengah dan selatan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Turki (AFAD) melaporkan jumlah korban tewas di negara itu mencapai 1.014 orang dan korban luka-luka tembus 7.003 orang.

Kemudian total korban tewas di Suriah mencapai 430 orang. Kebanyakan korban meninggal dunia berasal dari wilayah di Aleppo, Hama, Latakia, dan Tartus, sebagaimana dikutip dari CNN.

Jumlah korban luka-luka berdasarkan laporan media pemerintah Suriah SANA mencapai 1.284 orang. Tim penyelamat Suriah juga melaporkan sekitar 380 orang dilaporkan tewas di wilayah Suriah yang dikuasai oposisi pemerintah di timur laut negara tersebut.

Sebelumnya diberitakan Turki berkekuatan magnitudo 7,7 mengguncang Turki dan mengakibatkan korban tewas di wilayah Turki hingga Suriah pada Senin, 6 Februari 2023.

terjadi sekitar pukul 04.00 dini hari saat sebagian besar warga masih tertidur lelap. Akibatnya ribuan bangunan termasuk gedung apartemen dan perkantoran runtuh.  Jumlah korban tewas diprediksi masih akan banyak bertambah sebab banyak orang hilang yang diduga masih terjebak reruntuhan.

Proses evakuasi puing-puing reruntuhan dan penyelamatan juga terhambat oleh badai salju musim dingin yang menutupi jalan-jalan utama dengan es dan salju.

Masyarakat di wilayah terdampak syok di Turki berdiri di atas salju dengan baju tidur mereka sambil menyaksikan penyelamat menggali puing-puing rumah yang rusak.

Tim penyelamat terus melakukan pencarian korban selamat di bawah puing-puing bangunan, di tengah hujan yang mengguyur.

Di wilayah Aleppo, korban meninggal dunia mencapai 24 orang dan korban luka-luka mencapai 100 orang. Setidaknya 20 bangunan ambruk akibat di wilayah tersebut.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here