Thursday, 18 April 2024
HomeOtomotifHarley Davidson Berambisi Jadi Perusahaan Motor Listrik

Harley Davidson Berambisi Jadi Perusahaan Motor Listrik

Bogordaily.net – Motor gede () asal Amerika Serikat, kini tengah berambisi memproduksi motor listrik. Pasalnya, saat ini mobil listrik maupun motor listrik, sedang naik daun.

CEO , Jochen Zeitz menjelaskan, keniscayaan perusahaan akan menjadi merek 100 persen elektrik cepat atau lambat di masa depan.

“Akan tiba masanya, akan menjadi brand motor listrik sepenuhnya,” Kata Jochen, dikutip dari Kompas, 9 Februari 2023.

Meski mengaku optimistis, Jochen juga menerangkan jika proses elektrifikasi tersebut akan membutuhkan waktu dan mustahil terjadi dalam waktu dekat.

“Tentunya itu (elektrifikasi) bukanlah hal yang bisa terjadi dalam semalam. Itu adalah transisi jangka panjang yang akan terjadi.” ujarnya.

Dalam mewujudkan ambisinya tersebut, pria berusia 59 tahun itu juga menambahkan jika proses elektrifikasi adalah bentuk inovasi dan evolusi bagi perusahaan motor yang berusia 120 tahun itu.

“Apa yang kami lakukan adalah menghormati masa lalu sekaligus mengembangkan diri di saat bersamaan, Ini adalah evolusi alami yang harus terjadi.” ucap pria yang juga pernah menjadi CEO Puma itu.

Keseriusan dalam sektor kendaraan listrik memang sudah nampak. Terbukti dari rilisnya sub-brand Livewire pada 2019 lalu.

Livewire sendiri adalah brand anak dari Harley yang dikhususkan memproduksi Motor Listrik.

Pihak Harley optimis menargetkan angka penjualan sebanyak 50.000 unit motor listrik pada tahun 2025, dan lebih dari 100.000 unit pada tahun 2026 mendatang.

Sebagai informasi, saat ini Harley-Davidson telah memproduksi listrik pertamanya bernama LiveWire. ini dibanderol dengan harga sekitar USD 17.699 atau setara Rp 257,6 juta saat peluncurannya tahun 2021 lalu. Penjualannya belum begitu masif karena diproduksi berdasarkan jumlah pesanan.

Kemudian, pada awal tahun 2022, Harley sibuk bersiap-siap melakukan merger akuisisi dengan tujuan khusus (SPAC) demi membawa LiveWire ke publik. Setelah itu, mereka kemudian merilis S2 Del Mar versi Launch Edition yang diluncurkan secara terbatas pada bulan Mei 2022.

Hal ini diikuti oleh produksi yang membuka pre-order pada akhir tahun 2022. Motor S2 adalah motor listrik kelas menengah Harley.

Dengan timeline-nya juga membahas mesin ringan S3 yang diproduksi bekerja sama dengan Kymco. Menarik dinantikan apakah ambisi Harley-Davidson untuk menjadi produsen listrik bisa terwujud.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here