Thursday, 28 March 2024
HomeKota BogorHPN 2023 dan HUT PWI ke-77 di Kota Bogor, Kolaborasi Harmonis Insan...

HPN 2023 dan HUT PWI ke-77 di Kota Bogor, Kolaborasi Harmonis Insan Pers dengan Forkompimda

Bogordaily.net–  HPN 2023 dan HUT PWI ke-77 diperingati hari ini, Kamis, 9 Februari 2023. Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan HUT PWI ke-77 di berlangsung sederhana di Gedung PWI , Jalan Tirto Adhi Soerjo, Tanah Sareal, . Acara diisi dengan syukuran doa bersama dan pemotongan tumpeng.

Kegiatan HPN 2023 dan HUT PWI ke-77 ini diikuti pengurus dan anggota PWI serta sejumlah tamu undangan, di antaranya unsur Forkopimda dan mitra strategis PWI dari berbagai kalangan.

Ketua PWI Arihta Utama Surbakti dalam sambutannya menyampaikan, HPN yang mengangkat Pers Bebas Demokrasi Bermartabat itu merupakan momentum bagi seluruh insan pers yang mana memasuki tahun politik. Pers dan berbagai pihak sangat guyub dan terbangun harmonisasi. Kolaborasi harmonisasi insan pers di dengan Forkopimda juga terus terbangun dengan baik.

“Tema Pers Bebas Demokrasi Bermartabat, dalam posisi tahun politik pers harus dalam posisi yang netral dan independen, namun memang secara personal wartawan juga adalah warga negara yang punya hak politik,” kata pria yang akrab disapa Ari tersebut.

Sedangkan untuk pengertian Pers Demokrasi Bebas Bermartabat kata dia, harus dijalankan dengan kejujuran, keadilan dan kebenaran. Arihta juga kembali mengingatkan kembali tagline ‘Wartawan Benar, Benar Wartawan' agar menjadi pedoman kepada seluruh insan pers yang hadir.

Baca Juga: Polresta dan Kejari Dukung Rangkaian HPN Tahun 2023 di Kota Bogor

“Filosofinya wartawan benar adalah wartawan yang sudah terdata atau tersertifikasi di Dewan Pers melalui uji kompetensi, adapun benar wartawan adalah dari prodak dan karyanya berdasarkan kebenaran, karena tugas wartawan adalah mengawal kebenaran, dan berpihak pada kebenaran,” terang dia.

Ketua PWI dua periode itu juga bangga masih dapat merayakan HPN 2023 pada tahun terakhirnya tersebut.

“Pak Kapolresta Bogor Kota yang baru juga menunjukan kedekatannya pada insan pers, pada hari ini memberikan kado yakni menyerahkan bantuan Marbot Mart untuk Masjid An-Naba PWI ,” jelasnya dia.

Peringatan Hari Pers Nasional 2023 dan HUT PWI ke-77 di Gedung PWI , Jalan Tirto Adhi Soerjo, Tanah Sareal, Kota Bogor, Kamis, 9 Februari 2023. (Istimewa/Bogordaily.net).

“Marbot Mart dari niat yang baik akan berhasil dengan baik, dan Insya Allah akan bermanfaat, PWI juga memiliki koperasi yang bisa bersinergi dengan Masjid An Naba,” sambungnya.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim yang menghadiri perayaan HPN 2023 mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada seluruh insan peres, dan pelaku usaha pers, yang selama ini sudah bersama-sama mengawal berbagai program Pemkot Bogor.

“Termasuk selama masa pandemi bersama-sama mengatur ritme tetap memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tidak cepat putus asa, dan terus memberikan optimisme masa depan yang saat ini (disebut-sebut) masuk resesi,” ujar Dedie.

“Tapi menurut saya kalau pers bisa mengawal dan memberikan motivasi, memberikan berita baik Insya Allah masyarakat punya optimisme maju dan berkembang dan ekonomi akan terus berjalan,” sambung pria yang pernah menjabat sebagai Direktur PJKAKI KPK.

Dedie juga menyampaikan, momentum tahun politik ini dapat mengawal proses demokrasi menuju Pemilu 2024 dengan damai, dan menghasilkan para pemimpin di tingkat nasional, maupun di tingkat daerah sesuai harapan masyarakat. Memasuki tahun demokrasi, meskipun berbeda-beda warna tapi hari ini hadir, mudah-mudahan tidak seperti d daerah lain.

“Ke depan mudah-mudahan pers kita ke depan bisa memberikan kesejukan dengan berita positif,” kata Dedie.

Kemudian, Dedie mendoakan kepada para pelaku usaha insan pers diberikan jalan mendapatkan kemudahan dan rezeki yang halal. Oleh karenanya, harus dipisahkan mana Wartawan, dan Benar Wartawan.

“Nilai pers pertama adalah integritas, dan kedua nilai keadilan,” ujarnya

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto berharap pada peringatan HPN 2023 dan HUT ke-77 PWI dapat berkontribusi semakin besar bagi bangsa Indonesia.

“Jadi kalau pernah Tadabbur surat Ali Imron ayat 110, ini sebenarnya sebuah tugas yang dilakukan teman-teman wartawan, yaitu mengingatkan untuk melakukan yang Maruf dan mencegah yang Mungkar,” ujar Atang.

Beberapa kali kesempatan, dijelaskan Atang, DPRD Kota Bogor sering diingatkan ketika aea masalah di lapangan termasuk memastikan fungsi pengawasan, dan legislasi.

“Bagaimana lebih baik ke depan itu juga dilakukan oleh teman-teman insan pers. Mudah-mudahan karena masuk ke dalam golongan orang yang menyeru ke hal yang baik dan mencegah ke yang munkar, menjadi pahala zariah yang mengalir ke teman-teman insan pers,” ungkap politisi PKS itu.

Kegiatan syukuran juga diakhiri dengan peresmian Marbot Mart Masjid An Naba persis di belakang kantor Sekretariat PWI Kota Bogor oleh Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso. Mantan Kapolres Ciamis ini mengapresiasi kekompakan dan keguyuban wartawan di PWI Kota Bogor.

“Kami mengapresiasi dan akan terus membangun kolaborasi dan bersinergi, apalagi saya memiliki program Polisi Penolong di Kota Bogor ini,” singkatnya.

Hadir juga di acara itu, tokoh media Kota Bogor Zaenul Mutaqin, yang memberikan banyak pengalaman terkait bisnis usaha media maupun dunia kewartawanan.

“Kami mengapresiasi kekompakan seluruh wartawan di Kota Bogor, juga ke Forkopimda yang selalu peduli kepada wartawan. Jadikan teman teman media sebagai mitra strategis bagi Forkopimda maupun instansi lainnya di Kota bogor,” ujar Zaenul.

Acara syukuran dan doa bersama dipimpin oleh KH Hasbullah yang juga Ketua FKUB Kota Bogor serta diisi oleh penampilan musik dari Nowbu Band dan Zals Band. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here