Friday, 29 March 2024
HomeOtomotifIndikator Bensin Motor Tidak Akurat, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Indikator Bensin Motor Tidak Akurat, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Bogordaily.net – bensin tidak akurat pasti bikin deg degan, Motor bisa tiba-tiba mogok, karena bensin ternyata sudah habis, meskipun di indikatornya masih tersisa.

Masalah ini sepele tapi bisa bikin kamu serba was was saat akan berkendaraan apalagi jika jaraknya cukup jauh.

Bisa-bisa kamu justru harus mendorong motor karena terjebak dengan yang tidak akurat tersebut.

Lantas apa penyebabnya dan bagaimana mengatasi dan memperbaikinya agar kembali akurat?

Jika kamu mengalami hal ini, dan ingin memperbaikinya sendiri karena malas ke bengkel berikut ini akan diulas cara memperbaiki dan mengatasi tersebut.

Istilah lain dari kondisi semacam ini adalah pelampung tangki motor yang sudah rusak atau sudah tidak berfungsi dengan baik.

Dampaknya, indicator tidak akurat bahkan bisa mati sama sekali. Padahal, biang keroknya adalah pelampung yang ada di dalam tangki bensin motor kamu.

Cara Mengatasi Motor Tidak Akurat

Pelampung sendiri merupakan salah satu bagian yang berada di dalam tangki motor. Anda mungkin masih sedikit asing dengan komponen sepeda motor satu ini.

Sebab pelampung tangki bensin mungkin masih jarang menjadi pembahasan bidang . Sehingga Anda masih merasa bingung dan tidak mengetahui banyak tentang komponen ini.

Baca Juga:
Yamaha NMAX 2023 : Ulasan Harga, Fitur dan Performa

Tanda Pelampung Tangki Bensin Error

Cara perbaiki pelampung tangki motor tidak terlalu sulit, tapi sebelum memperbaiki pelampung kamu harus memastikan apakah komponen tersebut benar rusak atau tidak.

Berikut cara mengetahui pelampung rusak yang bisa Anda lakukan. Pertama buka socket ke pelampung dan atur kontak ke posisi ON. Ambil kabel lalu colokkan sambungan kedua kabel yang ada di socket.

Jika indikator bergerak maka tandanya pelampung memang rusak, jika tidak maka pelampung tidak rusak.

Cara Mengatasinya

Jika pelampung memang rusak berikut adalah cara perbaiki pelampung tangki motor. Pertama bukalah pelampung yang menjadi indikator bahan bakar sepeda motor.

Setelah itu lepaskan spi atau pengunci saringan bensin lalu cabutlah kabel pelampungnya. Jika sudah maka Anda bisa melihat tab kabel tembaga yang terhubung dengan pelampung.

Biasanya letak masalah berada pada tembaga ini yang sudah aus sehingga tidak menempel. Untuk memperbaikinya Anda bisa membengkokkannya kembali agar kembali menempel.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan timah yang disolder untuk bisa menempelkannya kembali. Jika sudah maka pasang kembali kabel tembaga pelampung dengan soketnya. Untuk mengeceknya, coba gerakkan ke atas dan ke bawah.

Baca Juga: Efek Oli Gardan Kering, Ini yang Bakal Terjadi

Jika indikator bergerak maka artinya pelampung sudah berhasil Anda perbaiki. Langkah terakhir Anda pun bisa kembali memasukkannya ke dalam tangki.

Demikian ulasan dan penjelasan mengenai motor tidak akurat serta cara memperbaiki dan mengatasi masalah tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here