Monday, 29 April 2024
HomeBeritaIni Ciri-Ciri Polisi dan TNI Asli atau Gadungan, agar Tidak Tertipu

Ini Ciri-Ciri Polisi dan TNI Asli atau Gadungan, agar Tidak Tertipu

Bogordaily.net – Cara membedakan ciri-ciri dan atau asli perlu diketahui oleh masyarakat. Bagi masyarakat awam, membedakan atau TNI dan sungguhan memang sangat sulit.

Baru-baru ini seorang wanita cantik tertipu anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) . Bahkan pelaku rela membeli seragam dan atribut TNI secara online. Tujuannya agar lebih meyakinkan korban untuk terlihat seperti TNI sungguhan.

Penampilan mereka biasanya sangat mirip dengan petugas yang aslinya. Dilengkapi senjata api serta name tag yang selalu terpasang membuat banyak orang yang mempercayainya.

Menyikapi kejadian-kejadian tersebut, Bogordaily telah merangkum bagaimana cara mengetahui abdi negara dengan yang sungguhan. Melansir dari berbagai sumber, berikut rangkumannya.

6 Ciri-Ciri dan TNI

1. Cara Berpakaian

Pakaian seragam Polri ataupun TNI dapat ditemukan dengan mudah di pasar atau di toko yang menjual peralatan seragam. Meskipun terlihat sama dengan yang aslinya, tetapi Anda masih bisa membedakan mana yang palsu dan mana yang asli.

Caranya, lihat saja penempatan tanda pangkat, penghargaan pendidikan, jabatan, emblem-emblem, dan perangkat lainnya di seragam tersebut. Sebab, seragam yang dijual di pasar dengan yang resmi akan memiliki perbedaan dari cara penempatannya.

2. Tanyakan Kapan Masuk Tentara

Hal penting yang perlu ditanyakan adalah masuk tentara tahun berapa, masuk pendidikan tahun berapa, nama angkatannya apa. Sebab, setiap angkatan memiliki nama masing-masing yang tidak mungkin sama dengan tahun sebelum atau sesudahnya.

3. Tanya Nomor Registrasi Pusat (NRP)

NRP sendiri dibagi berdasarkan status anggota sebagai perwira, bintara, dan tamtama. Sehingga setiap digitnya tidak akan sama dengan petugas lainnya.

Pada digit pertama dan kedua menunjukkan tahun kelahiran, sementara digit ketiga dan keempat menunjukkan bulan kelahiran dari pemilik NRP. Dan empat digit terakhir adalah nomor urut yang telah ditetapkan oleh pihak kepolisian.

4. Tanyakan Satuan Tempat Tugas, Pangkat, dan Jabatan

Setelah Nomor Registrasi Pusat (NRP), selanjutnya menanyakan tempat dinas, apa pangkatnya, termasuk jabatannya. Hal ini perlu diketahui secara detail untuk memastikan bahwa seseorang adalah anggota TNI asli.

Sebab untuk melaksanakan beberapa tugasnya seperti penangkapan, mereka dilindungi dengan undang-undang yaitu berupa surat tugas.

5. Periksa Kartu Anggota

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, kartu anggota kini juga marak dipalsukan. Meskipun begitu, Anda masih bisa mengecek keasliannya dengan melihat pejabat yang menandatangani kartu tersebut beserta NRP atau NIPnya.

Setelah melihat nama pejabatnya, Anda bisa menghubungi langsung ke tempat pelaku bekerja supaya Anda mendapatkan informasi langsung dari sumber yang terpercaya.

6. Ajak Video Call

Apabila Anda telah bertukar nomor telepon dengan orang yang mengaku sebagai abdi negara tersebut, maka perlu melakukan panggilan telepon video alias video call setidaknya satu kali. Setelah itu, identifikasi orangnya dan lingkungan sekitarnya.

Hal ini untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan sesuai dengan fakta. Terlebih lagi, seorang tentara biasanya akan selalu berada dekat dengan tempat kerja dan tempat tinggalnya.

Nah, itulah cara mengetahui ciri abdi negara yang perlu Anda ketahui.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here