Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorJelang Festival Cap Go Meh, Pedagang Topeng Barongan Berjejer di Jalan Suryakencana

Jelang Festival Cap Go Meh, Pedagang Topeng Barongan Berjejer di Jalan Suryakencana

Bogordaily.net – Para pedagang topeng , mulai memadati Jalan Suryakencana. Hal itu lantaran pada Minggu, 5 Februari 2023 perayaan Cap Go Meh akan berlangsung di Kota Bogor.

Salah satu pedagang topeng yang mulai menjajakan dagangannya itu yakni Yogi (25), pria asal Cirebon.

Yogi datang ke Kota Bogor untuk berjualan karena ia mendapat informasi dari sesama pedagang bahwa di Kota Hujan ini ada perayaan Cap Go Meh.

Mendengar hal itu, dia bersama enam temannya yang juga berasal dari Cirebon datang dengan membawa berbagai jenis dan ukuran untuk dijual sebagai suvenir.

“Saya sengaja datang ke Kota Bogor untuk berjualan . Sebab, pembuatan ini dari Cirebon,” ucap Yogi kepada Bogordaily.net, Sabtu 4 Februari 2023.

Yogi menyampaikan, untuk bahan ini dibuat dengan cara di cetak dari bahan sterofom dan kemudian di hiasi pernak-pernik seperti lonceng, lampu dan diberi warna warni agar terlihat menarik.

Untuk harga sendiri, tergantung dari ukurannya, berukuran kecil, Yogi menjualnya Rp 20 ribu sedangkan kalau berukuran besar dibandrol dengan Rp 80-100 ribu.

Pada perayaan Cap Go Meh 2023 di Kota Bogor, kata Yogi, omset dalam satu hari bisa mencapai Rp 300 ribu.

Kebanyakan peminat barongan ini mulai dari anak-anak hingga dewasa.

“Biasanya kalau yang beli orang tua untuk pajangan di rumah,” ujarnya.

Baca Juga: Viral Driver Online Meminjam Uang 20 Ribu ke Penumpang, Bikin Haru

Sebagai informasi, berkembangnya zaman dan kesenian, Barongsai Kelabang pun berhasil memadukan dua kebudayaan Tionghoa dengan Topeng Cirebon. Dua budaya menjadi satu ini dinamakan seni Topeng Barong. Seni topeng barong, diambil dari perpaduan antara permainan barongsai dengan topeng Cirebon.

Filosofi topeng barong dari Yin dan Yang menggambarkan sisi baik dan buruk manusia. Kedua topeng itu kemudian bersatu dan mengambil peranan dalam meraih kekuasaan kembali kepada kejayaannya dengan kembali memainkan topeng barong.

Sekedar informasi, Satuan Lalu-Lintas (Satlantas) Polresta Bogor Kota berencana menerapkan penutupan 10 ruas jalan saat perayaan Cap Go Meh berlangsung di sepanjang Jalan Suryakencana.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria menjelaskan bahwa sepuluh titik jalan yang akan ditutup yaitu, di simpang Jalan Bangka, Lawang Suryakencana, Simpang Jalan Roda, Simpang Jalan Pedati.

“Informasi ini juga sudah mulai disebarluaskan ke masyarakat melalui media sosial, termasuk Instagram dan Facebook Satlantas Polresta Bogor Kota,” kata Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria.

 

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here