Friday, 26 April 2024
HomeNasionalKasus Baru Gagal Ginjal Akut Anak, Kemenkes Minta Jangan Beli Obat Sendiri

Kasus Baru Gagal Ginjal Akut Anak, Kemenkes Minta Jangan Beli Obat Sendiri

Bogordaily.net – Kementerian Kesehatan () mengimbau agar masyarakat menghindari pembelian sirop secara mandiri tanpa dibekali resep dari dokter. Hal ini salah satu arahan setelah menemukan dua kasus baru gagal ginjal akut pada anak.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menyarankan ada baiknya masyarakat berkonsultasi lebih dulu dengan tenaga kesehatan.

“Jangan beli sendiri dulu, yang paling baik saat ini adalah konsultasi ke tenaga kesehatan,” ujar Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, dikutip dari PMJ, Selasa, 7 Februari 2023.

Lebih lanjut Nadia menjelaskan, sampai saat ini para tenaga kesehatan masih menyarankan puyer bagi anak-anak. Terutama, setelah ada berbagai yang tidak digunakan dan ditarik BPOM.

“Mana yang aman, mana yang tidak, mungkin bisa merujuk ke BPOM atau ditanyakan (ke tenaga kesehatan),” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, mengonfirmasi temuan baru kasus gagal ginjal akut pada 2023.

Dari dua laporan yang masuk, salah satunya sudah terkonfirmasi Gangguan Ginjal Akut Progresif (GGAPA).

“Penambahan kasus tercatat pada tahun ini. Satu kasus konfirmasi GGAPA dan satu kasus suspek,” ujar Juru Bicara , Mohammad Syahril dalam keterangannya, Senin 6 Februari 2023.

Menurut Syahril, satu pasien yang terkonfirmasi gagal ginjal akut berusia satu tahun. Pasien mengalami demam pada 25 Januari 2023, lalu diberi penurun demam yang dibeli di apotek dengan merk Praxion.

“Pada tanggal 1 Februari, pasien kemudian dirujuk ke RSCM untuk mendapatkan perawatan intensif sekaligus terapi fomepizole, Namun, Tiga jam dirawat di RSCM, pada pukul 23.00 WIB pasien dinyatakan meninggal dunia,” tuturnya.

Syahril menambahkan, satu laporan lain yang juga dari DKI Jakarta yakni anak tersebut berusia 7 tahun masih suspek. Pasien mengalami demam pada tanggal 26 Januari 2023, kemudian mengonsumsi penurun panas sirup yang dibeli secara mandiri.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here