Sunday, 28 April 2024
HomeEkonomiKB Kookmin akan Jadikan Bank KB Bukopin, Bank Kuat Modern dan Digital

KB Kookmin akan Jadikan Bank KB Bukopin, Bank Kuat Modern dan Digital

Bogordaily.net – KB Kookmin, sebagai induk dan pemegang saham pengendali , akan terus memperbesar bank tersebut.

Pernyataan ini disampaikan oleh Chairman KB Financial Group, Jong-Kyoo Yoon, dalam Forum Strategi KB Kookmin Bank di gedung Kintex, Seoul, Sabtu 14 Januari lalu.

“Asia Tenggara adalah second mother market kami dan pengembangan menjadi fokus utama sebagai masa depan pertumbuhan kami,” ucap Jong-Kyoo Yoon di hadapan 3.500 eksekutif dan pegawai dari seluruh afiliasi KB Kookmin di 10 negara, termasuk .

KB Kookmin melihat Asia Tenggara sebagai pasar utama, dan KB Bukopin menjadi fokus utama untuk pertumbuhan di masa depan.

Direksi dan para eksekutif dari KB Bukopin yang diundang hadir dalam forum tersebut, merasakan dukungan dari manajemen puncak KB Kookmin.

Selama lima hari kunjungan ke kantor pusat grup usaha finansial terbesar di Korea Selatan itu, mereka bertemu dengan direksi dan pimpinan cabang KB Kookmin.

Sebagai hasil dari pertemuan tersebut, KB Bukopin mempelajari banyak hal, termasuk sistem, operasional, program, bisnis, dan cara kerja serta disiplin KB Kookmin.

“Banyak yang dapat kami pelajari selama lima hari di sini, baik itu sistem, operasional, program, bisnis, hingga cara bekerja dan disiplin KB Kookmin,” ujar Robby Mondong, Wakil Presiden Direktur 16 Januari.

Baca Juga: Top! BRI Satu-Satunya Perusahaan RI yang Masuk Sustainability Yearbook Member dari S&P Global

Sementara itu, dalam hal disiplin, KB Kookmin menekankan loyalitas, disiplin, dan zero fraud. Tidak ada toleransi terhadap pelanggaran, termasuk dalam hal mencuri-curi waktu.

Pada saat yang sama, KB Bukopin memiliki tantangan dalam membereskan bad asset alias kredit bermasalah. Meskipun demikian, manajemen KB Bukopin telah bekerja keras dalam mengurangi aset kredit bermasalah (NPL) ini.

Sebagai aksi korporasi rights issue, KB Bukopin akan menjual bad debt sekitar Rp 2 triliun – Rp 3 triliun, setelah tahun lalu menjual bad asset senilai Rp 5,4 triliun.

Baca Juga: BSI Bagikan Info Menarik Perbankan Syariah di Bincang Bogordaily

KB Kookmin Akan Bimbing KB Bukopin

KB Kookmin Financial Group (KBFG) akan membimbing KB Bukopin dalam proses transformasi ini dan membantu meningkatkan disiplin kerja, produktivitas, dan efisiensi.

Peluang untuk lebih efisien masih ada, meskipun cost of fund sudah turun dan funding telah naik. Beberapa policy baru terkait manajemen risiko dan governansi (GCG) juga mulai diterapkan.

Dukungan KB Kookmin akan membantu KB Bukopin menjadi bank yang lebih besar dan lebih kuat di masa depan. Hal ini menjadi strategi KB Kookmin dalam memperkuat posisinya di Asia Tenggara, dan KB Bukopin akan menjadi fokus utama dari masa pertumbuhan tersebut.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here