Friday, 26 April 2024
HomeOtomotifKembaran Daihatsu Ayla Mau Meluncur, Nih Penampakannya

Kembaran Daihatsu Ayla Mau Meluncur, Nih Penampakannya

Bogordaily.net– Kembaran kabarnya akan diluncurkan di Indonesia. Sebelum melantai di Tanah Air, wujudnya sudah diumumkan di Malaysia. Mobil terbaru di Malaysia ini diberi nama Perodua Axia. Seperti apa penampakannya?

Foto-foto kembaran terbaru diunggah oleh media otomotif lokal Malaysia, Paultan.

Dikutip dari Detik.com, dari beberapa foto yang ditampilkan, terlihat wajah Ayla mendapatkan ubahan dengan tambahan lampu LED dan DRL (Day Running Light). Lampu LED ini akan ada di varian X dan di atasnya.

Perubahan juga terlihat di bagian belakang. Lampu remnya dibuat lebih tegas dengan bentuk yang lebih mengotak dan bertumpuk. Revisi juga sedikit dilakukan di area pintu bagasi belakang.

Kemudian di bagian interiornya, desain dashboard Ayla kini bergaya horizontal dengan layar headunit ‘mengambang'. Layout dashboard Ayla terbaru ini tampak mirip dengan layout dashboard Daihatsu Rocky, bahkan juga lingkar kemudinya.

Mobil Ayla 2023 menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan ditenagai mesin VVT-i 1.0 liter. Mesin berkode 1KR-VE tiga silinder itu merupakan mesin tipe naturally aspirated yang bisa memuntahkan tenaga 67 dk dan torsi 91 Nm. Mesin itu tidak dibekali turbo seperti mesin Rocky.

Fitur-fitur keselamatan di Ayla versi Malaysia ini juga lengkap, rem ABS dengan EBD dan BA, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Traction Control (TRC), dan juga Solar & Security Window Film. Selain itu ada enam airbag yang terletak dua di depan, airbag samping dan airbag tirai.

Tak hanya itu mobil Perodua Axia ini juga akan mendapatkan PeroduaSmart Drive Assist (PDSA). Fitur serupa Advanced Safety Assist (ASA) pada mobil Daihatsu itu mencakup fitur pengereman darurat otonom.

Sementara itu dikutip dari Oto.com, Perodua Axia terbaru sudah mendapat rating keselamatan. Laporan ini dikeluarkan oleh lembaga penilai keselamatan ASEAN NCAP terhadap Axia tahun produksi 2023. Hasilnya mendapatkan rating keselamatan empat bintang.

Varian yang diuji tabrak kali ini dilihat dari laman resmi ASEAN NCAP adalah 1.000 SE CVT dengan transmisi CVT. Model ini dikelompokkan dalam model hatchback dengan berat kotor 885 kilogram. Pengujian menggunakan test lab Miros PC3.

Selain itu pengujian juga memperlihatkan fitur keselamatan driver airbag, front passenger airbag, curtain airbag dua buah, dan side airbag dua buah. Model sabuk pengaman retractor dan load limiter pada penumpang dan pengemudi sudah menjadi standar, yang menambah nilai keselamatan produk anyar tersebut.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here