Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaKemenhub Adakan Mudik Motor Gratis Lebaran Tahun Ini, Simak Syaratnya

Kemenhub Adakan Mudik Motor Gratis Lebaran Tahun Ini, Simak Syaratnya

Bogordaily.net – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan mudik gratis pada tahun ini. Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa ikut 2023.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan, tahun ini menggunakan moda transportasi kereta api.

Anggaran yang disiapkan pun naik hampir dua kali lipat dari tahun lalu. Tahun ini dialokasikan dana Rp 10 miliar dengan kuota mencapai 10.440 sepeda yang diangkut menggunakan kereta.

“Tahun ini Rp 10 miliar. Kalau tahun lalu cuma Rp 5,4 miliar karena kuota tahun Ini mengalami peningkatan tiga kali lipat,” kata Djarot dalam acara Ngobrol Seru (Ngobras) di Kemenhub yang dikutip dari detik.com, Rabu, 22 Februari 2023.

Untuk anggaran mudik gratis tahun ini, kata Djarot angkanya meningkat dua kali lipat dari tahun lalu yakni sebesar Rp 10 miliar dengan kuota mencapai 10.440 sepeda .

“Tahun lalu cuma Rp 5,4 miliar, untuk tahun ini naik dua kali lipat jadi Rp 10 miliar karena kuota tahun Ini mengalami peningkatan tiga kali lipat,” ungkapnya.

Tidak ada perbedaan signifikan dari program tahunan ini. Hanya saja saat ini pemilik bisa satu kereta dengan kendaraannya.

Pemilik kendaraan hanya perlu membayar tiket kereta Rp 10.000 untuk tujuan yang jaraknya kurang dari 330 kilometer (km) dan Rp 20.000 untuk jarak 330 km ke atas. Sedangkan untuk angkut motornya digratiskan.

“Jadi itu datang kita packing dan kirim. Jadi bensin dikosongkan biar aman di perjalanan,” jelasnya.

Cara Pendaftaran Program Mudik Gratis

Untuk pendaftaran program mudik gratis menggunakan kereta api dibuka mulai 1 Maret-3 Mei 2023. Pendaftaran dilakukan melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk.

Syaratnya wajib menunjukkan KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK. Besaran yang diangkut <200 CC.

“Setiap pengiriman () mendapat jatah dua tiket kereta api (selama kuota masih tersedia),” pungkasnya.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here