Tuesday, 16 April 2024
HomeBeritaKemenkes Minta Masyarakat Lengkapi Vaksinasi Covid-19 Jelang Lebaran

Kemenkes Minta Masyarakat Lengkapi Vaksinasi Covid-19 Jelang Lebaran

Bogordaily.net – Kementerian Kesehatan () meminta masyarakat untuk melengkapi perlindungan vaksinasi Covid-19 jelang Lebaran 2023. Terutama lansia.

“Apalagi ini mau masuk bulan Ramadhan, sebentar lagi kita mudik lagi. Sayangi orang tua kita yang di kampung dengan mengajak mereka ,” ungkap Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril, dikutip dari PMJ, Kamis, 16 Februari 2023.

Syahril menambahkan, Covid-19 tersebut diperuntukkan bagi masyarakat khususnya para lansia jelang lebaran. Baik yang belum pertama, kedua, booster pertama atau booster kedua.

Baca juga : Babinsa Kelurahan Bantarjati Kawal Kegiatan Vaksinasi Covid-19

Syahril menyebut meski kondisi dan situasi kasus Covid-19 saat ini sudah melandai dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut, tapi pandemi belum resmi dikatakan selesai.

Karena itu, lanjut Syahril, kemungkinan tertular Covid-19 masih tetap ada dan hal tersebut harus dijaga serta diantisipasi.

“Jangan sampai nanti kita datang dari kota, orang tua belum divaksin dan mudah tertular dan terinfeksi,” ucapnya.

Sementara itu Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Dr Reisa Broto Asmoro juga mengingatkan kepada masyarakat, untuk menghindari akses vaksinasi di waktu yang mepet dengan agenda mudik maupun perayaan Lebaran.

Baca juga : AS Siap Suntik Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6 Bulan

Menurut Reisa, antibodi yang diperoleh oleh tubuh manusia setelah Covid-19 baru bereaksi setelah tiga sampai empat pekan usai disuntik.

“Jangan mepet-mepet, butuh waktu tiga sampai empat pekan mulai muncul antibodi yang maksimal, jadi sebelum mudik mungkin sekarang waktu yang tepat, kalau sudah jeda enam bulan booster pertama buruan deh booster kedua. Jangan sampai nanti mau mudik baru ,” jelas Reisa.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here