Saturday, 27 April 2024
HomeViralKeren, Knalpot Brong Sitaan Disulap Polisi Jadi Patung Kuda di Tuban Jawa...

Keren, Knalpot Brong Sitaan Disulap Polisi Jadi Patung Kuda di Tuban Jawa Timur

Bogordaily.net sitaan polisi dari Satuan lalu lintas Polres Polda Jawa Timur disulap jadi Patung Kuda yang keren.

Monumen Patung Kuda itu di-launching di Taman Sleko Kota , Jumat, 3 Februari 2023.

Penampakan patung itu viral di media sosial. Seperti yang dibagikan akun Instagram @net2netnews.

Dalam video itu nampak sejumlah petugas dan warga memasang Patung Kuda dari ratusan tersebut.

Baca Juga: Segera Dimulai, Ini Rute dan Jam Pawai Cap Go Meh di Kota Bogor!!

Knalpol brong yang disulap jadi Patung Kuda di Timbang Jawa Timur itu, sebagai upaya ini dilakukan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat bahwa penggunaan merupakan bentuk pelanggaran.

Monumen yang terbuat dari 361 knalpot tidak sesuai standar atau brong tersebut merupakan hasil sitaan Satlantas Polres sejak tahun 2021 dari pelanggar lalu lintas yang kemudian dirangkai menjadi karya seni berbentuk patung Kuda.

“Sebelumnya, patung yang terbuat dari ratusan setinggi tiga meter itu pernah ditempatkan di pos pelayanan rest area saat operasi ketupat mudik Lebaran tahun lalu,” kata Kasat lantas Polres AKP Arum Inambala, S.I K., M.Si., usai peresmian.

“Sebenarnya patung kuda sudah ada sejak tahun 2021, namun dalam versi lebih kecil, di tahun 2022 hasil penindakan kita bertambah untuk , akhirnya kita buat kembali patung yang awalnya hanya setinggi satu meter menjadi tiga meter,” katanya.

Arum menambahkan, pihaknya mendapat fasilitas dari Pemkab Tuban dalam penempatan patung kuda tersebut.

“Alhamdulillah kita diberikan oleh Pemkab tempat di Taman Sleko ini sebagai sarana edukasi kepada masyarakat bahwa menggunakan itu merupakan bentuk pelanggaran,” imbuhnya.

Baca Juga: Jadwal Buka Tutup dan Ganjil Genap Puncak Hari Ini

Dia menjelaskan, alasannya kenapa memilih bentuk patung kuda tak lain kuda merupakan hewan icon masyarakat Tuban, yang juga hewan tunggangan Adipati Tuban Raden Haryo Ronggolawe.

“Sebenarnya ini sama dengan ciri khas masyarakat Tuban. Ini adalah patung kuda di mana kuda merupakan tunggangan Adipati Ronggolawe,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Arum menyampaikan harapannya ke depan usai me-launching monumen patung kuda. Ia meminta kepada semua pihak untuk menjaga dan merawat patung tersebut.***

Copy Eitor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here