Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaKomunitas Parenting Mom Squad Solo, Ruang Para Ibu Muda Berbagi Pengalaman

Komunitas Parenting Mom Squad Solo, Ruang Para Ibu Muda Berbagi Pengalaman

Bogordaily.net Komunitas parenting hadir memberikan ruang bagi para ibu muda untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman. Komunitas yang sudah berdiri selama tiga tahun ini telah memberikan banyak manfaat bagi para ibu muda di Solo Raya. Seperti apa yang baru merayakan hari jadinya yang ketiga dan apa saja kegiatannya?

Ketua Aldila Rizqi Eistya mengatakan, didirikan pada awal 2020 lalu. Komunitas ini hadir berawal dari kumpulan pertemanan yang memiliki persoalan sama terutama soal si buah hati.

“Komunitas ini berdiri awalnya berangkat dari keresahan yang sama dan masalah yang sama. Kita (para founder) lalu bikin grup WhatsApp. Dari grup itu lalu bikin perkumpulan,” ujar Aldila Rizqi Eistya, Selasa, 14 Februari 2023.

Mom Squad Solo

Ia dan teman-temannya kemudian sering membahas masalah-masalah yang kerap dihadapi. Misalnya soal jarak usia anak pertama dan kedua yang berdekatan, MPASI, masalah demam pada anak, dan lain-lain.

Ibu dua anak yang disapa Mama Odil itu lalu menjelaskan, dari persoalan-persoalan tersebut, akhirnya mereka membuat komunitas. Berbagai kegiatan pun diselengarakan, salah satunya untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi para ibu muda tersebut.

“Akhirnya kita sering bikin event dengan mengundang narasumber atau para ahli di bidangnya. Misalnya mengundang dokter anak dan membahas seputar masalah kesehatan anak,” jelasnya.

Tak hanya soal anak, juga mengundang para ahli terkait masalah keluarga, keuangan, hingga kesehatan ibu.

“Kegiatan-kegiatan ini kami adakan dalam bentuk seminar dan menggundang narasumber yang pastinya apa yang disampaikan sangat bermanfaat,” kata Mama Odil.

Mom Squad Solo
saat merayakan hari jadinya yang ketiga. (Foto: Dok. /Bogordaily.net)

Lalu apa saja kegiatannya? Mama Odil menjelaslan ada tiga segmen kegiatan. Segmen 1 yakni Mom's Class atau event untuk para Mama yang merupakan anggota dan umum dengan mengundang narasumber.

Lalu Segmen 2, berupa Mom and Kids atau kegiatan playdate. Serta Segmen 3 Momies Time yakni meet up santai antar anggota yang tujuannya untuk saling mengenal dan lebih akrab.

“Dengan adanya kegiatan tersebut, semoga bisa menciptakan hal-hal positif,” harapnya.

Nah, bagi yang ingin berbagung, siapa saja para ibu boleh bergabung tanpa dipungut biaya alias gratis. Syaratnya, cukup follow Instagram @momsquadsolo dan mengirim pesan atau direct message (DM) untuk bergabung.

“Mom Squad ini komunitas parenting santai dan tidak mengikat membernya jika member tersebut menjadi bagian dari komunitas parenting lain,” ujar Mama Odil.

Meski demikian, kata dia, ada aturan bagi para member yang terdaftar di komunitas parenting tersebut. Salah satunya aktif di setiap event baik online maupun offline. Bagi anggota yang tidak aktif mengikuti event online maupun offline akan diberlakukan sistem eliminasi dari grup WhatsApp.

Tim atau para founder dalam komunitas ini juga berisi para ibu dengan berbagai latar belakang. Selain Mama Odil sebagai ketua, ada pula Mama Aini sebagai sekretaris, Mama Ovi sebagai koordinator acara, Mama Tika sebagai Bendahara 1, Mama Sentha sebagai Bendahara 2, Mama Sherly sebagai Koordinator Sponsorship, Mama Mila sebagai Koordinator Dana Sosial 1 dan Mama Bella sebagai Koordinator Dana Sosial 2.

Sementara itu salah satu anggota, Mama Ovi mengaku bangga dapat mendirikan dan bergabung dengan . Baginya komunitas ini merupakan salah satu cara untuk berkembang dan berproses menjadi ibu yang baik untuk anaknya.

“Kita bisa berbagi kebaikan, bertukar pengalaman dan cerita, menemani satu sama lain, saling menghargai tanpa menghakimi, berbagi ilmu seputar parenting, bisnis, maupun segala hal tentang permasalahan hidup,” ujar Ovi.

Hal senada diungkapkan anggota lainnya, Mama Kamila. Menurutnya, merupakan ruang diskusi, interaksi, dan belajar untuk ibu muda dari berbagai latar belakang berbeda.

“Dengan agenda yang variatif dan bermanfaat buat ibu dan anak, Mom Squad menjadi rumah untuk banyak ibu dan diharapkan dapat menginspirasi banyak orang,” ungkap Kamila.****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here