Thursday, 16 May 2024
HomeBeritaKorban Gempa Turki Diprediksi Tewaskan hingga 10 Ribu Orang

Korban Gempa Turki Diprediksi Tewaskan hingga 10 Ribu Orang

Bogordaily.net–  Korban gempa berkekuatan Magnitudo (M) 7,8 Senin, 6 Februari 2023 dini hari diprediksi bisa mencapai 10 ribu orang.

Survei Geologi Amerika Serikat (United States Geological Survey/USGS) memprediksi korban tewas akibat gempa di hingga Suriah terus bertambah bahkan hingga 10 ribu orang.

Melansir Detik.com seperti diberitakan CNN, USGS mencatat 47 persen peluang korban meninggal dunia tembus antara 100 dan 1.000 jiwa. Sementara 20 persennya lagi bisa menjangkau antara 10 ribu dan 100 ribu.

Baca Juga: Gempa Dahsyat Turki, Korban Tewas Bertambah Jadi 2.308 Orang

Perkiraan juga ditentukan dari pertimbangan populasi yang terkena guncangan terberat dan kerentanan struktur di zona yang paling terdampak.

“Jumlah korban yang tinggi dan kerusakan hebat kemungkinan besar terjadi dan bencana itu kemungkinan besar meluas,” bunyi laporan USGS.

“Populasi di wilayah ini tinggal di struktur yang sangat rentan terhadap guncangan gempa, meski ada beberapa struktur yang mampu bertahan,” sambungnya.

Laporan itu juga memperkirakan kerugian ekonomi berpotensi terjadi di kisaran US$1 miliar hingga US$10 miliar. Jumlah itu bisa mencapai hingga 2 persen PDB .

Sebelumnya diberitakan korban tewas akibat gempa terus bertambah. Hingga Senin, 6 Februari 2023, sebanyak 2.308  orang tewas di seluruh wilayah dan Suriah, setelah gempa berkekuatan M 7,7 mengguncang Senin, 6 Februari 2023 pagi.

Gempa telah menewaskan sedikitnya 1.498 orang di dan 810 orang di Suriah. Gempa juga mengakibatkan 7.600 orang di dan 1.280 di Suriah terluka dan ribuan bangunan rubuh.

Korban tewas diperkirakan akan meningkat. Selain itu, gempa susulan juga diprediksi dapat berlanjut selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Dikutip dari CNN Indonesia korban tewas di mencapai seribu orang lebih dan tersebar di beberapa kota di wilayah tengah dan selatan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (AFAD) melaporkan jumlah korban tewas di negara itu mencapai 1.014 orang dan korban luka-luka tembus 7.003 orang.

Kemudian total korban tewas di Suriah mencapai 430 orang. Kebanyakan korban meninggal dunia berasal dari wilayah di Aleppo, Hama, Latakia, dan Tartus.

Jumlah korban luka-luka berdasarkan laporan media pemerintah Suriah SANA mencapai 1.284 orang. Tim penyelamat Suriah juga melaporkan sekitar 380 orang dilaporkan tewas di wilayah Suriah yang dikuasai oposisi pemerintah di timur laut negara tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here