Monday, 29 April 2024
HomeBeritaKorban Tewas Gempa Turki Tembus 19 Ribu Orang

Korban Tewas Gempa Turki Tembus 19 Ribu Orang

Bogordaily.net–  Korban tewas akibat di dan Suriah terus bertambah. Hingga Kamis, 9 Februari 2023, korban sudah mencapai 19.332 orang.

Dikutip dari CNN Indonesia, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan korban meninggal dunia di negaranya bertambah menjadi 16.170 jiwa.

Di Suriah, korban tewas tercatat sebanyak 3.162 jiwa. Rinciannya, 1.900 di wilayah yang dikuasai pemberontak dan 1.262 di wilayah yang dikendalikan pemerintah, menurut media pemerintah negara itu.

Pihak berwenang kesulitan melakukan proses penyelamatan dan evakuasi karena banyak akses terputus dan luasnya daerah terdampak. Tak hanya itu cuaca dingin ekstrem hingga badai salju turut mempersulit proses penyelamatan.

Sebelumnya diberitakan berkekuatan M 7,7 mengguncang Senin, 6 Februari 2023 dini hari. terjadi saat sebagian besar warga masih tertidur lelap.

Bangunan gedung apartemen dan perkantoran runtuh. Jumlah korban tewas diprediksi masih akan bertambah banyak karena banyak orang hilang yang diduga masih terjebak reruntuhan.

Baca Juga: Update Gempa Turki: Korban Tewas Tembus 11 Ribu

Proses pengangkutan puing-puing reruntuhan dan penyelamatan juga terhambatnya badai salju musim dingin yang menutupi jalan-jalan utama dengan es dan salju.

Dua warga negara Indonesia atau WNI dikabarkan tewas akibat yang terjadi di Turki. Hal tersebut adalah diungkapkan Kedutaan Besar RI untuk Turki di Ankara yang menyebut dua WNI meninggal dunia imbas di Turki.

KBRI di Ankara melaporkan WNI korban tewas akibat bernama Nia Marlinda bersama seorang anak usia satu tahun dan suaminya yang berkewarganegaraan Turki.

“Jadi yang meninggal di Kahramanmaras adalah satu ibu WNI dan satu orang anak usia satu tahun. Karena aturannya anak di bawah 18 tahun otomatis pegang paspor Indonesia,” kata Duta Besar Indonesia untuk Turki Lula Muhamad Iqbal.

mematikan di Turki bukan kali pertama. Pada tahun 1939, berkekuatan magnitudo 7,8 mengguncang Erzincan timur dan menghabisi lebih dari 30 ribu orang.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here