Tuesday, 25 June 2024
HomeTravellingMakam Nazi, Salah Satu Wisata Sejarah di Megamendung Bogor

Makam Nazi, Salah Satu Wisata Sejarah di Megamendung Bogor

Bogordaily.net – Tempat wisata sejarah Makam prajurit Nazi Jerman yang berada di Kawasan dataran tinggi di Megamendung, Kabupaten , bisa kalian kunjungi. Tempat wisata ini adalah yang kaya akan sejarah masa perang dunia kedua.

Kabupaten merupakan tujuan pertama bagi warga ibu kota untuk berlibur, tak hanya keindahan alam nya, Kabupaten pun terkenal dengan tempat sejarah yang bisa ditemui masyarakat.

Salah satunya yakni tempat wisata sejarah pemakaman prajurit Nazi Jerman.

adalah kompleks pemakaman yang terdiri dari beberapa kuburan para prajurit anggota Nazi Jerman yang gugur. Mungkin sebagian tidak percaya, namun memang faktanya ini adalah kuburan dari para mantan anggota Nazi.

Makam yang berada di daerah Arca, Desa Sukaresmi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten , Jawa Barat ini merupakan makam yang terletak di kaki Gunung Pangrango. Sebagian masyarakat mungkin belum mengetahui makam ini karena posisinya yang sangat terpencil.

Pantauan Bogordaily.net dilokasi, ketika masuk ke dalam areal pemakaman ini kita akan di sambut oleh tugu utama yang bertuliskan ‘Deutscher Soldatenfriedhof' tugu peringatan untuk menghormati prajurit Jerman yang telah gugur disini, yang di sebelahnya berjejer makam-makam para prajurit dengan nisan salib yang menghiasi makam-makam tersebut.

Tak heran hal itu menjadikan suasana di area pemakaman ini sangat kental dengan aura mistisnya.

Menurut sang penjaga makam, Asep mengatakan, tidak tahu pasti sejak kapan makam ini ada. Namun setiap bulan November banyak sekali yang mengunjungi makam ini untuk mengadakan upacara.

“Kalau untuk kunjungan si paling setahun sekali dari kedutaan jerman dan sering ngadain upacara di makam,” kata Asep kepada Bogordaily.net, Sabtu 4 Februari 2023.

Kata dia, tak hanya itu terkadang banyak para pelajar mengunjungi makam ini untuk mengadakan riset. Dan sejarah adanya makam tersebut belum diketahui secara pasti, hanya saja tersebut dari cerita masyarakat sekitar.

Baca Juga: Jelang Festival Cap Go Meh, Pedagang Topeng Barongan Berjejer di Jalan Suryakencana

“Menurut cerita turun temurun, dulu ada sepasang kakak-adik yag membeli tanah di daerah Megamendung ini seluas 900 hektar dan membangun tugu untuk mengenang teman-teman nya yang telah gugur pada perang dunia pertama,” jelasnya.

Ia mengatakan, di makam tersebut terdapat 10 makam yang diduga para prajurit anggota Nazi. Dan disetiap makam tersebut terselip nama-nama dan akibat kematianya.

“Terdapat kurang lebih 10 makam yang terdapat di areal pemakaman ini yang masing-masing makam memiliki keterangan mengenai nama dan sebab kematiannya,” ujar Asep.

Bagi yang masih penasaran dengan yang berada di Megamendung Cisarua ini, silahkan datang dan rasakan  tujuan wisata sejarah yang penuh mistis disini.

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here