Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Bakal Bangun Jalur Sepeda, Ini Titiknya

Pemkab Bogor Bakal Bangun Jalur Sepeda, Ini Titiknya

Bogordaily.net – Rencana pembangunan di kawasan jalan raya Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, , oleh Pemerintah Kota Bogor (Pemkab) akan dilakukan dibeberapa titik.

Kasie Pelaksana Perlengkapan Jalan (PPJ) Dinas Perhubungan , Ade Supriyatna mengatakan bahwa sebelumnya Pemerintah Kabupaten telah mengajukan permohonan bantuan ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Kementrian Perhubungan.

“Tahun 2021-2022 sudah dimulai dengan Fisabiliy Study (FS) dan Detail Engineneering Design (DED) jalur bersepeda oleh BPTJ dan rencana tahun 2023 tinggal pelaksanaannya oleh kementrian,” kata Ade.

Dirinya menyebutkan ada tiga titik pengadaan kawasan jalur bersepeda di Tegar Beriman Cibinong, tersebut.

“Jalan Edy Yoso akan dibuat dua jalur sepanjang 1,7 KM, Jalan Tegar Beriman (Simpang Daralon – PDAM) sepanjang 6 KM dan Jalan lingkar GOR sepanjang 2 KM yang akan dibuat tahun 2023 ini,” ujar Ade.

Namun sebenarnya, pihaknya itu menjadikan usulan ke Kementerian Perhubungan di enam titik pengadaan di .

“Pengajuan Pemkab Bogor itu di Jalan Tegar Beriman, Jalan Edy Yoso, Jalan GOR , Jalan Kandang Roda dan Jalan Sentul- Kandang Roda disiapkan ,” jelasnya.

Kata dia, untuk anggaranya sendiri saat ini telah masuk kedalam APBN dan harapanya tidak akan ada perubahan kembali dari Kementerian. Dikarenakan semua kajian perihal pembangunan jalur khusus sepeda tersebut rencana Pemerintah Pusat.

“Sekarang masuk lagi di APBN, mudah-mudahan tidak ada perubahan kembali, dan kemarin pas saya kordinasi lagi proses. Untuk kajianya semua dari sana dari pusat, dikarenakan FS dan DED ditinjau ke lapangan dari pusat,” kata Ade kepada Bogordaily.net, Jumat 10 Februari 2023.

Ia mengatakan, Dinas Perhubungan (Dishub) hanya menyediakan tempat dan juga melakukan pengamanan dalam pelaksanaan pembangunanya. Dikarenakan jalur khusus sepeda tersebut sudah dinantikan keberadaanya, karena dinilai dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya pesepeda.

“Kita hanya membantu tempat dan pengamanan, untuk pengamanan intinya kita menyediakan tersedianya tempat lahan. Dan kita memang memerlukan di jalan tersebut (jalur khusus sepeda) karena kan setiap weekend banyak pesepeda. Mudah-mudahan ada manfaatnya bagi para pesepeda apalagi ini bantuanya dari pusat,” jelasnya.

Ia menambahkan untuk anggaranya belum dapat diketahui secara rinci, karena proyek tersebut bukan hanya di wilayah Kabupaten Bogor. Namun kata dia, pembangunan juga akan berlangsung juga di wilayah Jabodetabek oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan.

“Untuk nominal anggaran nya sendiri belum diketahui, karena itu kan sejabodetabek, bukan hanya di Kabupaten Bogor. Jadi angkanya mungkin lelang se- Jabodetak dan perwilayah. Kita hanya menerima gambaran bahwa selaku kordinasi berharap banyak, karena APBD kita tidak mencukupi, tidak ada, dan ada dari pusat kita hanya mensuport aja,” ungkapnya.

Ia mengaku untuk saat ini rencana pembangunan sudah masuk tahap lelang. Dan Ia berharap tidak akan ada lagi pergeseran angka, agar nantinya bisa mempercepat proses pembangunan jalur khusus sepeda.

“Informasi pas Januari itu masih proses untuk leleng, dan mudah mudahan tidak ada lagi pergeseran angka. Kalau sudah nantinya akan ada marka pemasangan ,” imbuhnya.

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here