Saturday, 20 April 2024
HomeOtomotifPenyebab Bensin Boros pada Motor Matic dan Solusinya

Penyebab Bensin Boros pada Motor Matic dan Solusinya

Bogordaily.net – Penyebab bensin boros pada kerap membuat jengkel para pemilik kendaraan. Biasanya, seiring dengan lamanya penggunaan jadi lebih boros. Jauh berbeda saat masih baru.

Saat ini menjadi salah satu kendaraan yang paling diminati di Indonesia. Tidak hanya mudah dikendarai, juga memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah hemat bahan bakar.

Namun, ada kalanya pengendara mengalami masalah bensin boros. Lantas apa saja penyebab ?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Oli Samping Motor Terbaik, Jangan Sampai Salah Pilih

Penyebab dan Solusi Bensin Boros

Bensin motor boros tentu saja memusingkan, karena dampaknya biaya jadi lebih tinggi untuk membeli bensin. Bukannya lebih hemat salah-salah justru malah jadi lebih boror.

Berikut ini ulasan mengenai penyebab dan solusi mengatasi bensin boros .

Kerusakan Karburator

Karburator adalah salah satu bagian penting pada kendaraan bermotor yang berfungsi untuk mencampurkan bahan bakar dan udara sehingga dapat terbakar di dalam mesin.

Jika terjadi kerusakan pada karburator, maka campuran bahan bakar dan udara tidak akan ideal sehingga akan menyebabkan motor menjadi boros bensin. Oleh karena itu, periksa karburator secara rutin dan pastikan dalam kondisi baik.

Penggunaan Bahan Bakar Berkualitas Rendah

Penggunaan bahan bakar berkualitas rendah juga dapat menjadi penyebab bensin boros pada motor matic.

Bahan bakar berkualitas rendah tidak hanya mengurangi performa motor, tetapi juga dapat merusak komponen mesin dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Oleh karena itu, gunakanlah bahan bakar yang berkualitas baik dan sesuai dengan jenis kendaraan.

Kondisi Filter Udara yang Tidak Baik

Filter udara pada motor matic berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke mesin sehingga tidak tercampur dengan debu dan kotoran.

Jika kondisi filter udara tidak baik, maka udara yang masuk ke mesin tidak terfilter dengan baik sehingga campuran bahan bakar dan udara tidak ideal dan akhirnya akan menyebabkan boros bensin. Pastikan untuk membersihkan atau mengganti filter udara secara rutin.

Tekanan Ban Tidak Sesuai

Tekanan ban yang tidak sesuai juga dapat menjadi penyebab. Ban yang kurang tekanan akan membuat mesin bekerja lebih keras dan akhirnya akan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Periksa tekanan ban secara rutin dan pastikan dalam kondisi yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Gaya yang Buruk

Gaya yang buruk juga dapat menyebabkan boros bensin pada motor matic. Gaya yang sering menarik gas secara tiba-tiba atau menggeber motor dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Oleh karena itu, pastikan untuk dengan tenang dan santai agar konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

Baca Juga: Ciri Gearbox Mobil Matic Rusak yang Perlu Anda Ketahui, No 2 Bikin Was-was

Demikian ulasan dan informasi mengenai penyebab bensin boros pada motor matic dan solusinya yang bisa dilakukan sendiri, agar motor matic lebih tidak boros lagi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here