Thursday, 28 March 2024
HomeKota BogorPerayaan Cap Go Meh Dimulai, Ribuan Orang Tumpah Ruah di Suryakencana

Perayaan Cap Go Meh Dimulai, Ribuan Orang Tumpah Ruah di Suryakencana

Bogordaily.net–  Perayaan secara resmi dimulai dan dibuka untuk umum. Ribuan orang tumpah ruah di sepanjang Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, . Mereka datang untuk menyaksikan parade budaya dalam acara tersebut, pada Minggu, 5 Februari 2023.

Pantauan Bogordaily.net di lokasi, masyarakat yang hadir datang dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Rata-rata mereka yang datang membawa keluarganya untuk menunggu parade barongsai yang digelar dalam perayaan .

Masyarakat yang datang menyaksikan langsung perayaan , ternyata berasal bukan dari daerah saja. Melainkan warga Kabupaten Bogor bagian barat, yaitu Jasinga.

Salah satunya Saepudin Nuhrowi (42) yang jauh-jauh datang bersama keluarganya untuk menyaksikan perayaan tersebut.

“Waktu itu mah kan tinggal di Sukasari sebelum pindah ke Jasinga. Jadi emang sengaja ajak keluarga buat nonton ,” kata Saepudin kepada Bogordaily.net di Jalan Suryakencana, Minggu 5 Februari 2023.

Baca Juga: Segera Dimulai, Ini Rute dan Jam Pawai Cap Go Meh di Kota Bogor!!

Sementara itu, Ketua Umum Perayaan (CGM) Bogor Street Festival Arifin Himawan menyampaikan, acara ini akan dimeriahkan oleh atraksi selama delapan jam, rutenya mulai dari Jalan Suryakencana hingga Jalan Siliwangi.

Atraksi tersebut melibatkan ratusan pelaku seni. Seni yang akan ditampilkan, di antaranya Ogoh-ogoh dari Bali, Kendang Beleq dari Lombok, dan Bouraq dari Cirebon.

Arifin menjelaskan, seni yang ditampilkan seperti Ogoh-Ogoh Bali, Kendang Beleq dari Lombok, dan Bouraq dari Cirebon, ikut serta memeriahkan Cap Go Meh . Selain itu, juga ada Ondel-ondel Betawi, dan Reog Ponorogo, serta belasan sanggar kesenian yang berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya, penampilan itu akan dilaksanakan sore hari menjelang magrib.

Kemudian sekitar pukul 19.00, kata Arifin, puluhan tandu-tandu, Liong dan Barongsai dengan ratusan pemainnya akan melanjutkan kemeriahan acara Cap Go Meh di . Peserta acara ini akan berasal dari Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cianjur dan Sukabumi turut serta meramaikannya.

“Cap Go Meh 2023 akan diramaikan oleh lebih dari 26 tim grup liong barongsai, 30 orang pengerek bendera, tiga tim drum band, 17 tandu dewa-dewi, dan masih banyak lagi arak-arakan lainnya,” kata Arifin.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here