Sunday, 29 September 2024
HomePolitikPKS Siapkan Jurus Baru Kejar Target Suara di Pemilu 2024

PKS Siapkan Jurus Baru Kejar Target Suara di Pemilu 2024

Bogordaily.net–  PKS menyiapkan jurus baru untuk memburu target suara di Pemilu 2024 mendatang. Hal ini menyusul hasil survei Litbang Kompas belum lama ini yang angkanya turun dari survei sebelumnya.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera Mardani mengatakan, naik turun dalam survei merupakan hal wajar. Namun, kata dia, hasil survei tetap menjadi cerminan untuk memperbaiki diri.

“Turun naik wajar, hasil survei selalu jadi cermin dan cambuk,” tulis Mardani Ali Sera dalam akun Twitter-nya, @MardaniAliSera, dikutip Kamis, 23 Februari 2023.

“Selama ini survei @PKSejahtera sering under representatif,” imbuhnya.

Ia menambahkan, partainya akan menyiapkan strategi baru demi mencapai target 15 persen suara di Pemilu 2024.

“Tapi yang utama terus melayani dan membela rakyat. Insya Allah PKS siap dengan jurus baru mencapai target 15%,” sambungnya.

Melansir Suara.com, Mardani Ali Sera juga tak iri dengan kenaikan elektabilitas Partai NasDem–rekan di Koalisi Perubahan–berdasarkan hasil survei Litbang Kompas.

Menurutnya, kenaikan elektabilitas NasDem merupakan buah dari strategi partai pimpinan Surya Paloh itu yang lebih dulu mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres).

Sebelumnya diberitakan survei elektabilitas parpol dirilis Litbang Kompas jelang Pemilu 2024 mendatang. Hasil survei terbaru elektabilitas partai politik atau parpol menempatkan PDI Perjuangan (PDIP) teratas lalu kedua Partai Gerindra dan urutan ketiga Golkar. Berikut hasil survei elektabilitas parpol Litbang Kompas.

Dikutip dari Kompas.com, Selasa, 21 Februari 2023, PDIP berada di posisi pertama dengan angka 22,9 persen atau naik 1,8 persen dibandingkan survei yang sama pada Oktober 2022 lalu. Kala itu partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut meraih tingkat elektoral 21,1 persen.

Lalu posisi kedua ada Partai Gerindra yang memperoleh elektabilitas 14,3 persen atau turun 1,9 persen dibanding Oktober 2022 lalu sebesar 16,2 persen. Posisi ketiga yakni Partai Golkar meraih elektabilitas 9 persen atau naik 1,9 persen dibandingkan survei sebelumnya, yaitu 7,9 persen.

Baca Juga: PKS Resmi Dukung Anies Baswedan Calon Presiden 2024

Di bawah Partai Golkar atau peringkat keempat ditempati Partai Demokrat yang mendapat 8,7 persen atau turun 5,3 persen dari 14 persen pada survei sebelumnya.

Kemudian Partai Nasdem berada di urutan kelima dengan angka 7,3 persen atau naik 3 persen. Parpol yang dipimpin Surya Paloh itu sebelumnya mendapat elektabilitas sebesar 4,3 persen.

Survei dilakukan mulai 25 Januari 2023 hingga 4 Februari 2023. Ada 1.202 responden dari 38 provinsi di Indonesia dengan sampel dipilih secara acak melalui metode sistematis bertingkat, dan survei dilakukan dengan wawancara tatap muka.  Survei memiliki tingkat kepercayaan 95 persen, serta margin of error kurang lebih 2,83 persen.

Berikut hasil survei elektabilitas parpol dirilis Litbang Kompas.

PDIP: 22,9 persen

Partai Gerindra: 14,3 persen

Partai Golkar: 9 persen

Partai Demokrat: 8,7 persen

Partai Nasdem: 7,3 persen

PKB: 6,1 persen

PKS: 4,8 persen

Perindo: 4,1 persen

PPP: 2,3 persen

PAN: 1,6 persen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here