Thursday, 2 May 2024
HomeEkonomiPresiden Jokowi Luncurkan Kartu Tani Digital dan KUR BSI, Ini Pesannya

Presiden Jokowi Luncurkan Kartu Tani Digital dan KUR BSI, Ini Pesannya

Bogordaily.net–  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program Kartu Tani Digital dan KUR . Hal ini merupakan salah satu wujud Bank Syariah Indonesia () dalam mendukung program nasional. Lalu pesan apa yang disampaikan Presiden Jokowi kepada Dirut Hery Gunardi, Komisaris Utama Adiwarman Azwar Karim, Ngatari, dan Arief Rosyid?

“Sekarang , Bank Syariah Indonesia untuk seluruh Tanah Air menyediakan Rp 14 triliun pembiayaannya, Rp 14 triliun dibagi 38 provinsi yang kita miliki. Aceh sendiri dapat gede banget jatahnya 3 triliun rupiah. Gede lho, 14 (triliun rupiah), di Aceh sendiri dijatah Rp 3 triliun. Ini juga patut kita syukuri,” ucap Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program Kartu Tani Digital dan KUR BSI.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meluncurkan program Kartu Tani Digital dan KUR .(Istimewa/Bogordaiily.net)

Presiden Jokowi menyerahkan kredit usaha rakyat tahun 2023 sekaligus meluncurkan kartu tani digital untuk pupuk bersubsidi pada Jumat, 10 Februari 2023 lalu di halaman Stadion PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), Kabupaten Aceh Utara.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa penyediaan pembiayaan KUR dari Bank Syariah Indonesia () sebesar Rp 3 triliun untuk Provinsi Aceh merupakan angka yang besar untuk meningkatkan perekonomian di Provinsi Aceh.

Baca Juga: 2 Tahun BSI, Laba Tumbuh Impresif 40,68% Capai Rp4,26 Triliun

Presiden menilai bahwa Provinsi Aceh memiliki potensi besar di sejumlah sektor seperti perdagangan, perikanan, pertanian, dan perkebunan. Ia pun menyayangkan bahwa operasionalisasi sejumlah perusahaan pupuk di provinsi tersebut sempat dihentikan sejak tahun 2005.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program Kartu Tani Digital dan KUR BSI.

“Saat dulu saya bekerja tahun '85, '86, '87, '88, semua ini hidup, ekonomi Aceh juga kelihatan gerakannya tapi karena gasnya habis tutup semua. Pabrik gede-gede tutup semua. Kalau tutup semua artinya apa? PHK semua. Kalau PHK semuanya artinya apa? Uang yang beredar di masyarakat ini jadi berkurang,” ujar Kepala Negara.

“Ekonomi akan tumbuh kalau sebuah negara, atau sebuah provinsi, atau sebuah daerah itu peredaran uangnya makin banyak. Sehingga kalau tadi dijatah oleh Pak Dirut Rp 3 triliun itu akan men-trigger, memperkuat, mengembangkan ekonomi di Aceh,” jelas Presiden.

Sementara itu Direktur Utama Hery Gunardi mengatakan Aceh menjadi provinsi pertama yang dapat menggunakan Kartu Tani Digital. Tujuannya memudahkan petani dalam penebusan pupuk bersubsidi. Petani tidak lagi memerlukan fisik kartu, dan tetap menjaga akuntabilitas transaksi yang menggunakan aplikasi dengan e-wallet quota pupuk alokasi. juga mendukung penguatan pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.(Gibran/***)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here